Pembangunan Tol IKN Meminimalisir Tebang Pohon

Pembangunan Tol IKN Meminimalisir Tebang Pohon

Pemerintah optimis pembangunan jalan tol akses menuju IKN akan rampung 2024-Dok PUPR-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dibangun mengusung konsep lingkungan. 

Jalan tol IKN yang menghubungkan Balikpapan dan Kawasan inti dari Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur ini akan meminimalisir tebang pohon.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan resminya mengatakan, sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi untuk mengusung kawasan hijau dan menerapkan visi future smart forest city.

Hutama Karya selaku pengembang tol IKN kata Tjahjo juga harus seminimal mungkin melakukan penebangan pohon dan menjaga lingkungan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah menegaskan bahwa  jalan tol IKN akan menjadi Infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan IKN dengan konsep lingkungan. 

Adapun progres pembangunan Jalan Tol IKN saat ini, telah mulai pembangunan pada akses 3A Karangjoang – KKT Kariangau. Proses pembangunan awal ini sembari penyelesaian proses pembebasan lahan. 

Akan ada tiga segmen tol IKN yang digarap beberapa BUMN. Diantaranya segmen 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km dan Segmen 5A simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Dalam pembangunan proyek tol IKN, Hutama Karya tergabung dalam kerja sama operasi (KSO) dengan BUMN lainnya yaitu Adhi Karya dan Brantas Abipraya khususnya untuk pekerjaan seksi 3A saja.

Tjahjo juga memastikan Hutama Karya menargetkan proyek rampung tepat waktu tahun 2024.

“Hutama Karya optimis dapat menyelesaikan pembangunan segmen 3A Karang Joang – KTT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan tepat waktu dan tepat mutu sehingga dapat mempermudah akses menuju Kawasan inti IKN yang semula menempuh perjalanan 2 jam menjadi 30 menit saja,” lanjut Tjahjo.

Tol IKN diharapkan bisa memberi kemudahan akses transportasi, representasi smart city (kota pintar), membuka lapangan pekerjaan baru, menjadi destinasi pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Hutama Karya kata Tjahjo juga akan berkomitmen memberi jaminan mutu dan kualitas tol terbaik serta tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta memperhatikan aspek K3 di lapangan.

Selain pembangunan jalan tol, Hutama Karya juga  melakukan pekerjaan pembangunan jalan baru sepanjang 9,965 km dan pembangunan jembatan baru yang melewati sungai dan rawa sepanjang 3,435 km.

Mengingat pengalaman Hutama Karya dalam merampungkan proyek-proyek strategis di daerah Kalimantan seperti Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, Bandara Samarinda Baru, Wisma Atlet, RSUD Kota Baru, PLBN Entikong dan lain sebagainya, Tjahjo optimis tol IKN ini akan bisa dirampungkan Hutama Karya sesuai ekspektasi semua pihak. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: