Sejarah Fakultas Kedokteran Unand, Memulai Kuliah Perdana di Sekolah TK dan Banyak Dosen Asing

Sejarah Fakultas Kedokteran Unand, Memulai Kuliah Perdana di Sekolah TK dan Banyak Dosen Asing

Gedung Fakultas Kedokteran Unand di Limau Manis.-Dok FK Unand-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) memulai perkuliahan pedana pada Bulan Juli 1955, sekitar 68 tahun silam. 

 

Pertama kali proses perkuliahan FK Unand dilakukan di ruang kelas sebuah sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Birugo, sekarang SD di sebelah Polresta Bukittinggi. 

 

FK Unand juga memanfaatkan RSU Bukittinggi sebagai tempat sarana perkuliahan, sedangkan praktikum dilaksanakan di SMU PSM Atas Ngarai.

 

Mengutip dari situs FK Unand, tercatat jumlah mahasiswa angkatan pertama FK Unand ada 70 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Tengah. 

 

Pada tanggal 7 September 1955 Fakultas Kedokteran diresmikan oleh Wakil Presiden Drs. Mohd. Hatta yang didampingi oleh menteri PP&K waktu itu, Prof. Ir. Soewandi. 

 

Proses pendidikan dilakukan oleh Staf pengajar yang 70 persen berasal dari luar negeri dengan bantuan UNESCO melalui program Colombo Plan. 

 

Pada tanggal 2 Oktober 1958 ditandatangani kerjasama Internasional dengan New South Wales University, Australian National University, dan Adelaide University, namun kerjasama tersebut tidak dapat terlaksana karena konflik daerah. 

 

Pada tahun 1959 Fakultas Kedokteran pindah ke Padang. Wisuda pertama sebanyak 10 orang dokter baru, terlaksana tahun pada 1966, tepatnya 11 tahun setelah awal berdiri.

 

Kurikulum pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas periode 1955-1984 berorientasi klinik. 

 

Setelah adanya Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI I dan KIPDI II), maka pada periode 1984-2004 pendidikan kedokteran berorientasi komunitas dikenal dengan Community Oriented Medical Education (COME). 

 

Sejak tahun 2004, sesuai dengan perubahan paradigma pendidikan kedokteran dari teacher center menjadi student center, maka kurikulum pendidikan dokter berbasis kompetensi menggunakan strategi student center learning (SCL) dengan pendekatan Problem based learning (PBL) dengan orientasi Pendidikan Dokter menghasilkan dokter layanan primer berorientasi Dokter Keluarga. 

 

Perubahan secara drastis tersebut terlaksana dengan bantuan proyek HWS, dimana SDM, sarana dan prasarana disesuaikan dengan perubahan paradigma baru pendidikan tersebut. 

 

Atas keberhasilan dalam melaksanakan perubahan tersebut, Fakultas kedokteran ditunjuk oleh DIKTI sebagai l Center of Excelence untuk pelaksanaan PBL.

 

BACA JUGA:Tak Setinggi Gunung Kerinci tapi Butuh 3 Hari 2 Malam Mendaki Gunung di Sumbar Ini 

 

Pada tahun 2011 dengan bantuan dana proyek HPEQ, dilakukan pengembangan kurikulum pendidikan dokter layanan primer berorientasi dokter keluarga atau Family Oriented Medical Education (FOME). 

 

Setelah dilaksanakannya kurikulum berbasis kompetensi dengan metode PBL secara utuh sejak tahun 2004, maka lulusan pertama dengan sistim PBL di Yudisium. 

 

Lulusan dengan sistem Berbasis Kompetensi ini perlu melaksanakan Internship. 

Fakultas Kedokteran Andalas ditunjuk sebagai percontohan pelaksanaan Program Internship Dokter Indonesia pertama di Indonesia. 

 

BACA JUGA:Ditolak 19 Daerah di Sumbar Alfamart dan Indomaret Dituding 'Menyusup' Masuk Pakai Nama Lain

 

Soft launching Internship dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2010 oleh Menteri Kesehatan dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, dan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Partisipasi. 

 

Fakultas Kedokteran dalam memperluas kesempatan masyarakat untuk memperoleh pendidikan Dokter adalah dengan berperan sebagai leading sector dalam pendirian beberapa Fakultas Kedokteran seperti : Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah di Padang, Fakultas Kedokteran Universitas Riau di Pekanbaru, Fakultas Kedokteran Universitas Malikulsaleh di Lhoksumawe Aceh. 

 

Saat ini Fakultas Kedoktaran Universitas Andalas merupakan pembina Fakultas Kedokteran Abuyatama Banda Aceh dan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam. 

 

BACA JUGA:Selangkah Lagi UIN SUTHA Jambi Buka Fakultas Kedokteran, Didampingi FK UNAND

 

Saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tengah menjadi pengampu pendirian Fakultas Kedokteran untuk Universitas Negeri Padang dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 

 

FK Unand merupakan lembaga pendidikan dokter yang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi kembali memperoleh Akreditasi Unggul (0683/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2022) untuk program Sarjana Kedokteran dan  Akreditasi Unggul (0684/LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2022) untuk Program Profesi Dokter. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: