Tak Setinggi Gunung Kerinci tapi Butuh 3 Hari 2 Malam Mendaki Gunung di Sumbar Ini

Tak Setinggi Gunung Kerinci tapi Butuh 3 Hari 2 Malam Mendaki Gunung di Sumbar Ini

Puncak Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di Sumbar dan butuh 3 hari 2 malam untuk mendaki ke puncaknya-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

SUMBAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Gunung ini bukan Gunung Kerinci, bukan pula yang tertinggi di Sumatera namun untuk mendakinya hingga sampai ke puncak, kita membutuhkan waktu paling tidak 3 hari 2 malam.
 
Namanya adalah Gunung Talamau, Talamau merupakan gunung berapi tertinggi di Sumatera Barat.  Posisinya ada di Pinagar, Kabupaten Pasaman Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.913 meter diatas permukaan laut (mdpl). Meski tak setinggi Gunung Kerinci namun untuk bisa ke puncak, pendaki harus menyiapkan fisik dan energi yang super fit karena perjalanan ke sana sangatlah lama, untuk pemula paling tidak butuh 4 hari 3 malam, sementara untuk profesional bisa menghabiskan waktu 3 hari 2 malam.

Kali ini Jambi Ekspres akan merangkum perjalanan ke Gunung Talamau dari dengan estimasi perjalanan dilakukan oleh pendaki profesional dengan waktu 3 hari 2 malam dari kaki gunung.

Cara Mendaki Gunung Talamau

Untuk mendaki gunung itu, kita harus melakukan perjalanan kurang lebih 3 hingga 4 jam dari Kota Padang.

Jika berangkat siang dari Kota Padang, maka hari pertama ini, kita tidak bisa langsung melakukan pendakian, karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Salah satunya adalah melapor ke pos pendakian. Di pos ini biasanya para pendaki akan mendapat briefing dari petugas. Bagi yang belum pernah melakukan pendakian, wajib pula didampingi oleh guide lokal sebagai pendamping.

Saat briefing biasanya pendaki akan diberitahu tentang hal-hal yang boleh dilakukan dan hal-hal yang dilarang.

Beberapa larangan bagi pendaki Gunung Talamau adalah, tidak boleh mandi menggunakan sabun dan shampoo di beberapa mata air yang ada di jalur pendakian. Boleh mandi tapi tak boleh menggunakan bahan berbusa tersebut.

Kemudian, saat menginap di puncak, posisi kaki tidak boleh menghadap ke gunung.
Dan yang terpenting, sama dengan peraturan naik gunung-gunung yang lain di Indonesia, diminta menjaga kebersihan dan menjaga tingkah dan laku selama di  atas gunung.

Day – 1 Mulai Pendakian Menuju Pintu Rimba

Pendakian disarankan mulai dilakukan pada pagi hari. Malam sebelum pendakian kita bisa menginap di beberapa penginapan yang ada di Pinaga.

Memulai pendakian dari Pinaga, kita akan memulai perjalanan dengan naik kendaraan motor atau mobil melewati perkebunanan sawit masyarakat Pinaga Pasaman Barat, jalannya jalan tanah.

Nanti hingga akhirnya sampai ke sekitar kaki Gunung Talamau. Dari sini kita akan melanjutkan dengan berjalan kaki hingga menuju ke pintu rimba.


Jalur pendakian Gunung Talamau sangat menantang-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Menjelang masuk ke pintu rimba, pendaki akan diberi tantangan layaknya sudah mulai mendaki gunung saja, begitu banyak tanjakan, padahal itu masih di kawasan perkebunan.

Sebelum masuk ke pintu rimba, dibutuhkan waktu 1 jam dari pinggir hutan ke Pos Harimau Campo pada ketinggian 710 mdpl, di pos ini kita bisa istirahat sambil melewati kebun-kebun warga, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan.

Cukup jauh, harus berjalan kaki 2-3 jam untuk bisa sampai ke pintu rimba Gunung Talamau.

Menuju Pos Rindu Alam dan Bumi Sarasah

Dari Pintu rimba Gunung Talamau, kita akan melanjutkan pendakian menuju Pos Rindu Alam.

Di sini kita mulai bisa merasakan suasana hutan nan lebat, suara-suara burung, dan kalau kurang awas, akan ikut pula hewan pemakan darah pacet yang menempel di kaki.

Butuh waktu sekitar 3-4 jambagi pendaki profesional untuk sampai ke pos ini dari pintu rimba.

Perjalanan naik ke Gunung Talamau kita akan dimanjakan dengan banyak mata air yang jernih, jadi untuk urusan mengisi stok minuman , itu sangat mudah.

Setelah itu kita bisa kembali melanjutkan perjalanan dari Pos Rindu Alam ke Bumi Sarasah dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam dengan ketinggian 1.895 mpdl.

Jalur naik ke Gunung Talamau terbilang berat dan jauh, penuh dengan tanjakan dan juga jalur menantang.
Di Pos Bumi Sarasah inilah kita akan melakukan penginapan pertama, untuk  malam pertama pendakian.

Day 2 - Lanjut ke Pos Rajawali Putih ada Telaga Jernih

Setelah istirahat satu malam di Pos Bumi Sarasah, pagi hari kedua kita bisa melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Talamau.

Tantangan akan semakin berat karena tanjakan untuk naik akan semakin berat. Para pendaki sangat disarankan rutin berolahraga sebelum naik ke gunung ini, terutama yang melatih otot kaki dan pernafasan.

Dari Pos Bumi Sarasah kita akan menuju ke Pos Rajawali Putih, jika memulai perjalanan pagi diperkirakan sore harinya atau sekitar 10-11 jam perjalanan baru akan sampai di Pos Rajawali Putih.

Sepanjang perjalanan akan bertemu dengan jalur yang curam, khusus di beberapa jalur, telah pula disiapkan tali tambang untuk pendaki bergantung saat melakukan perjalanan.


Talago Puti Sangka Bulan berada di ketinggian Gunung Talamao-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Harap waspada juga, karena tak jarang ada beberapa hewan berbisa di jalur ini, salah satunya ular cobra, jadi harus berhati-hati.

Sampai di Pos Rajawali Putih di ketinggian 2.880 mdpl, di sinilah kita bisa istirahat di hari kedua di atas Gunung Talamau.

Pos ini sangat indah, karena terdapat telaga dangan air yang  sangat jernih. Telaga bernama Talago Puti Sangka Bulan.

Seperti Ajaib, menemukan telaga di atas ketinggian gunung, sangat indah. Di pinggir Talago Puti Sangka Bulan inilah kitab isa mendirikan tenda, untuk menginap di malam kedua di atas Gunung Talamao.

Day 3 - Talago Puti Sangka Bulan Naik ke Puncak

Setelah istirahat semalam di pinggir Talago Puti Sangka Bula,  saatnya kita melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

Ini adalah saat yang mendebarkan, karena sebenarnya dari Talago Puti Sangka Bulan ke puncak tak butuh waktu terlalu lama, hanya sekitar 30 menit dengan kejuraman yang masih tajam.


Tim Rikas Harsa di Puncak Gunung Talamau Sumbar-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Akhirnya! Sampai juga kita di puncak Gunung Talamau di ketinggian 2982, sangat indah, serasa berada di puncak atap Sumbar, kita juga bisa menikmati deru angin dan memandang awan putih dari atas puncak Gunung Talamao, berada hidup di negeri di atas awan.

Sungguh perjalanan yang menantang karena butuh waktu yang panjang untuk sampai ke sini, memang tak semua orang bisa naik ke sini, kecuali memang petangguh dan pecinta alam sejati yang siap menerjang tantangan alam yang terbentang. Bagaimana, anda ingin mencobanya?. (dpc)

Rincian Perjalanan

Day 1
Pos Lapor 350 m – Start
Harimau Campo 710 m – 3 jam
Pintu Rimba 851 m – 1 jam
Rindu Alam 1100 m – 2 jam
Bumi Sarasah 1860 m – 3 jam

Day 2
Bumi Sarasah 1860 m
Paninjauan 2500 m – 4 jam
Rajawali Putih 2880 m – 1.5 jam

HARI 3
Rajawali Putih 2880 m
Puncak Talamau 2982 m – 30 menit.

Artikel ini ditulis jurnalis Jambi Ekspres berdasarkan perjalanan Youtuber Rikas Harsa ke Gunung Talamau Sumbar Maret 2022 yang ditayangkan di akun youtube @rikasharsaofficial. Kondisi di lapangan saat ini bisa saja terjadi perubahan.










 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: