Kehadiran Gajah Betina dari PT WKS Diharapkan Bisa Membuat Alfa si Gajah Jantan Taman Rimba Ceria Kembali

Kehadiran Gajah Betina dari PT WKS Diharapkan Bisa Membuat Alfa si Gajah Jantan Taman Rimba Ceria Kembali

Koleksi Taman Rimba Zoo Jambi akan bertambah dengan kehadiran gajah dari PT WKS. Terlihat Alfa si gajah jantan yang ada di Taman Rimba Zoo sekarang. Foto : Nanang Antara--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Taman Rimba Zoo Jambi resmi kedatangan penghuni baru, seekor gajah betina dengan berat 2,3 ton. 

 

Gajah betina ini didatangkan langsung dari kawasan konservasi PT Wirakarya Sakti (PT WKS) yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

 

Kehadiran gajah betina berusia 33 tahun ini pun disambut gembira oleh petugas Taman Rimba Zoo Jambi. 

 

Kegembiraan yang bukan tanpa alasan, mengingat kehadiran gajah betina ini diharapkan bisa membuat Alfa, gajah jantan yang kini ada Taman Rimba Zoo bisa ceria kembali. 

 

Alfa merupakan satu-satunya gajah jantan penghuni Taman Rimba Zoo. Gajah betina ini rencana akan dijodohkan dengan Alfa. 

 

Tak hanya diharapkan bisa membuat Alfa ceria namun perjodohan ini juga diharapkan bisa memberi hasil keturunan untuk menambah anak gajah di Taman Rimba Zoo kedepannya. 

 

"Kedatangan gajah betina ini memang akan kita coba jodohkan dengan Alfa. Semoga bisa membuat Alfa kembali ceria,” ujar Kepala UPTD Taman Rimba Zoo Jambi, Erliyani Selasa (14/2/2023).

 

Meski namanya belum diresmikan, gajah betina ini rencananya akan dipanggil dengan sebutan Fraksi. 

 

Sejatinya di konservasi WKS ada 3 ekor gajah betina. Keputusan memilih Fraksi karena dianggap paling pas untuk ditempatkan di Taman Rimba.

 

Kedatangan Fraksi dari hutan konservasi WKS Tanjung Jabung Barat menuju Taman Rimba Zoo memakan waktu kurang lebih 4 jam. Kendaraan melaju dengan pelan agar Fraksi bisa tetap nyaman di atas truk besar yang membawanya. 

 

Kedatangan Fraksi ke Taman Rimba Zoo telah atas izin dan koordinasi dengan pihak BKSDA, Polhut dan lembaga terkait lainnya. 

 

Kini Fraksi akan terus dipantau dan dicek kesehatannya hingga benar-benar dinyatakan sehat. 

 

Menunggu kehadiran Fraksi, pihak Taman Rimba Zoo juga telah jauh-jauh hari melakukan persiapan, mulai dari menyiapkan kandang serta fasilitas kesehatan beserta tim medisnya, lanjut Eliyani. 

 

Ke depan diharapkan Fraksi dan Alfa akan bisa menyatu dan bisa akrab serta bisa menjadi tambahan koleksi Taman Rimba Zoo yang akan menemani pengunjung yang datang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: