Wong Palembang Gita Savitri Bilang: Di Jerman Kalau Punya Anak Susah Dapat Kerja

Wong Palembang Gita Savitri Bilang: Di Jerman Kalau Punya Anak Susah Dapat Kerja

Gita Savitri dan suaminya Paul, pasangan muda yang memilih childfree. Foto : IG Gitasav--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan pernyataan wong Palembang Gita Savitri Devi yang menyebutkan dirinya dan suami memilih untuk tidak punya anak atau childfree

 

Gita Savitri adalah youtuber ternama Indonesia. Dalam wawancaranya dengan Helmy Yahya, ia diperkenalkan sebagai orang Palembang Sumatera Selatan yang lahir pada 27 Juli 1992. 

 

Gita Savitri berdomisili di Jerman. Di sana ia bekerja sebagai Cosmetic Chemist yang bertugas membuat produk skin care di salah satu cosmetic consulting company di Jerman.

 

Selain itu ia  juga bekerja sebagai teknikal auditor sertifikasi halal di Eropa. Ia juga menyibukkan waktu dengan pekerjaan lainnya sebagai youtuber, selebgram, penulis dan penyanyi.  

 

Gita Savitri dalam beberapa hari terakhir memang jadi perbincangan netizen Indonesia pasca komentarnya sebagai penganut childfree. 

 

Masih dalam wawancaranya dalam akun youtube  Helmy Yahya, Gita Savitri bercerita bahwa seorang perempuan di Eropa saat sudah punya anak akan susah mendapat pekerjaan. 

 

Tak hanya itu, perempuan yang berusia di atas 40 tahun juga mengalami hal yang sama.

 

Di Jerman kata Gita, perusahaan cenderung menerima pekerja laki-laki karena menghindari potensi menghadapi pekerja perempuan yang mengalami fase hamil dan punya anak.

 

Tak hanya persoalan anak, di Eropa perempuan berjilbab juga ada yang mengalami perlakuan tak nyaman.  Kata Gita masih ada perusahaan di Eropa yang meminta pekerja perempuan membuka jilbab dengan alasan perusahaan ingin pekerjanya netral.

 

Penyuka pempek dan tempoyak ini memiliki suami bernama Paul Andreas Partohap. 

 

Pasangan muda ini menikah sejak tahun 2018 lalu. Keduanya kerap tampil dalam konten membahas tentang banyak hal termasuk tentang kehidupan mereka yang tinggal di Jerman. 

 

Gita Savitri dan Paul memutuskan menikah setelah enam tahun berpacaran. Satu tahun setelah menikah, tahun 2019 Gita Savitri memilih untuk pindah dari Berlin ke Hamburg tempat suaminya kuliah.

 

Suami Gita Savitri kuliah mengambil jurusan kedokteran di Hamburg University atau Universitätsklinikum Hamburg-Eppendorf (UKE). Selain kuliah Paul juga merupakan seorang kreator konten dan musisi. 

 

Gita sendiri menamatkan sekolah di SMA 78 Jakarta tahun 2009 lalu. Kemudian tahun 2011 ia mengambil studienkolleg technische di Universitas Berlin. 

 

Gita kemudian tahun 2012 melanjutkan kuliah S1 jurusan Kimia Murni di Freie Universitat Berlin Chemistry dan kemudian sejak 2017 ia melanjutkan kuliah S2 di kampus yang sama.

 

Selain menjadi youtuber, Gita Savitri atau yang sering dipanggil Gitasav juga telah merilis buku dan single. 

 

Novel pertamanya cukup viral dengan judul Rentang Kisah kemudian pada tahun 2017 Gita Savitri juga merilis lagu pertamanya dengan judul Seandainya. 

 

Gita pun kian dikenal karena novel pertamanya diangkat dalam sebuah film layar lebar dengan judul yang sama. Film ini diperankan  Bio One dan Beby Tsabina.

 

Gita Savitri jadi bahan pergunjingan netizen akibat komentarnya terkait pilihan menjadi pasangan childfree. 

 

"Iya, buat gua beban. Buat lo kan bukan, anugerah. Buat gua beban makanya gua nggak mau (punya anak). And there's nothing wrong with it" kata Gita saat live Instagram pada Rabu (8/2). 

 

Tak hanya netizen dari masyarakat umum, bahkan beberapa selebriti pun menanggapi pilihan hidup Gita Savitri untuk childfree

 

Sementara itu Paul suaminya mengaku mendukung apa yang menjadi keputusan Gita Savitri dan mereka masih mau fokus berkarir di Jerman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: