Dua Hari Lagi BBM Sawit Nongkrong di SPBU, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru BBM Hari Ini

Dua Hari Lagi BBM Sawit Nongkrong di SPBU, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru BBM Hari Ini

Pengisian BBM di kendaraan-mypertamina.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Dua hari lagi dari hari ini, BBM Sawit sudah ada di SPBU.

Pemerintah menetapkan mulai 1 Februari 2023 BBM Sawit atau B35 mulai diterapkan.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

"Produksi diperkirakan masih belum akan meningkat, sementara konsumsi dalam negeri diperkirakan akan meningkat akibat penerapan kewajiban B35 mulai 1 Februari 2023,"ujar Joko Supriyono.

Seperti diketahui, sesuai dengan namanya B35, artinya akan ada 35 persen minyak sawit mentah pada bahan bakar minyak yang akan mulai dijual di SPBU mulai 1 Februari 2023. 

Senada juga diungkapkan, Direktur Bioenergi, Edi Wibowo. Menurutnya, BBM kelapa sawit mulai diterapkan pada 1 Februari 2023 mendatang.

Pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran Bahan Bakar Nabati (BBN) ke dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35) mulai tanggal 1 Februari 2023.

B35 merupakan campuran biodiesel antara bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit dengan BBM diesel.

Dari campuran tersebut, kadar minyak sawit dalam bahan bakar adalah 35%, sementara 65 persen sisanya merupakan BBM solar.

Persentase pencampuran ini nantinya akan ditingkatkan menjadi 40% (B40).

Selain mendukung kontribusi energi terbarukan pada bauran energi nasional, rencana implementasi B35 dan B40 juga diharapkan dapat memberi pengaruh positif pada ekonomi domestik.

“Substitusi BBM ke BBN adalah upaya strategis dalam hal penghematan devisa akibat menurunnya impor minyak solar, peningkatan nilai tambah Crude Palm Oil (CPO), membuka lapangan kerja, sekaligus menurunkan emisi gas rumah kaca dan meningkatkan bauran energi baru terbarukan di Indonesia,” tutur Direktur Bioenergi, Edi Wibowo seperti dikutip dari ebtke.esdm.go.id.

Edi Menambahkan, untuk program B35 di tahun 2023, target penyaluran biodiesel sebesar lebih dari 13,15 juta kiloliter (kL), yang akan menghemat devisa sekitar USD 10,75 miliar atau setara Rp 161 triliun.

Program B35 ini diproyeksi akan menyerap tenaga kerja sekitar 1.653.974 orang serta pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sekitar 34,9 juta ton CO2e.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: