Ini Dampak Buruk Lupa Isi BBM Hingga Kering Pada Mobil, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga BBM Hari Ini

Ini Dampak Buruk Lupa Isi BBM Hingga Kering Pada Mobil, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga BBM Hari Ini

Petugas saat mengisi BBM di SPBU.--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Ternyata lupa mengisi BBM hingga benar-benar kering berdampak sangat buruk pada kendaraan.

Banyak terjadi, saat bepergian jauh mobil anda tahu-tahu berhenti karena kehabisan BBM, punya pengalaman seperti ini? sebaiknya dihindari.

Sebaiknya sering-sering mengecek kendaraan terutama BBM. Berikut ini dampak buruk jika benar-benar kehabisan BBM terhadap performa kendaraan seperti dikutip Jambi Ekspres dari MyPertamina.id.

1. Ada Endapan Kotoran

Apabila tangki kendaraan Anda kering hingga sudah karatan, sehingga menyebabkan karat tersebut akan terendap dan membuat BBM terdapat kotoran. Jika sudah terdapat kotoran di tangki kendaraan, maka Anda sangat dianjurkan untuk menguras tangkinya sampai kering terlebih dahulu. Hal ini dapat terjadi pada kendaraan yang sudah lama tidak digunakan.

Untuk mengurangi dampak yang disebabkan kotoran, Anda bisa menyerahkan tugas pengurasan tangki di bengkel resmi. Tujuan dari pengurasan tangki kendaraan ini adalah agar BBM yang akan diisikan selanjutnya tidak akan terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya sudah terendap di dalam tangki.

2. Masalah Pada Injektor Atau Karburator

Masalah yang terjadi pada kendaraan yang diakibatkan kebiasaan membiarkan tangki kendaraan kering ternyata bisa menjadi hal yang sangat serius. Ketika fuel pump sudah terganggu akibat dari adanya endapan karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar sehingga menyebabkan gangguan pada kinerja injektor ataupun karburator. Padahal karburator dan injektor ini adalah bagian yang sangat penting dalam sistem pembakaran bahan bakar motor Anda. Jika bagian ini kerjanya terganggu, maka Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana akibatnya terhadap motor kesayangan Anda.

3. Tangki Bensin Kendaraan Bisa Berkarat

Jika tangki kendaraan Anda sering kehabisan bensin maka hal itu akan memberikan dampak yang buruk pada tangki. Hal itu disebabkan jika tangki bensinnya sering kehabisan bensin sampai kering, maka bagian dalam tangki akan mudah berkarat.

Untuk mengurangi dampak buruk akibat hal itu, Anda perlu melakukan pengisian bensin untuk mengisi tangki kendaraan dengan BBM sampai penuh, atau setidaknya cukup untuk merendami tangki kendaraan Anda tersebut.

4. Pencegahan Jika Kehabisan Bensin

Anda sudah mengetahui dampak dari sering kehabisan bensin sampai tangki kering. Oleh karena itu Anda harus mencegahnya dengan segera melakukan pengisian BBM saat indikator BBM menyala. Namun perlu anda ketahui kalau dalam pengisian BBM perlu BBM yang berkualitas.

5. Fuel Pump Terganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: