Ini Keuntungan Isi BBM Full Tank, Harga BBM Turun Rp 2.150/LIter, Cek Harga Baru Pertalite-Pertamax Hari Ini

Ini Keuntungan Isi BBM Full Tank, Harga BBM Turun Rp 2.150/LIter, Cek Harga Baru Pertalite-Pertamax Hari Ini

Kendaraan antri untuk mengisi BBM di sebuah SPBU-Ilustrasi Instagram-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Mengisi BBM full tank ternyata punya keuntungan pada performa mesin dalam jangka panjang.

Banyak disarankan dengan sering-sering mengisi BBM full tank bisa membuat mesin mobil atau kendaraan roda dua bisa lebih awet.

Sebab, salah satu menjaga awet atau tidaknya kendaraan itu erat kaitannya dengan perawatan dan kebiasaan penggunanya, salah satunya soal pengisian bahan bakar.

Saat tangki bahan bakar sudah tinggal setengah, sebaiknya sesegera mungkin diisi, tanpa harus menunggu sampai ada di garis merah. Terutama pada kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar.

BACA JUGA:

2024, Tol Jambi-Palembang Selesai Selanjutnya Tol Jambi-Rengat

Harusnya Rp 163 Triliun tapi Nilai Produksi Batu Bara Jambi Hanya Tecapai Rp 70 Triliun, Semua Gegara Ini

Selain itu, bensin full tank juga diwajibkan pada mobil yang akan ditinggal selama beberapa hari. Sebenarnya kenapa bensin full tank itu penting? berikut kutipan Jambi Ekspres dari mypertamina.id

Mencegah Timbulnya Karat pada Tangki

Selain itu, air di tangki bahan bakar bisa menimbulkan karat. Apalagi kalau Anda menggunakan mobil tua. Karat sangat rentan terbentuk. Kalau karat sampai tercampur dengan bahan bakar, maka ini bisa menyumbat karburator. Serpihannya juga bisa menyumbat sistem injeksi mobil.

Kalau serpihan karat sudah menyumbat, maka aliran bahan bakar tentu jadi tidak lancar ke mesin pembakaran. Kalau sudah begini, hasilnya sama, mesin bisa tersendat-sendat dan bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Isi Bensin Full Tank Mencegah Tangki Berembun

Alasan utama kita harus mengisi tangki bahan bakar hingga penuh adalah agar tidak timbul embun di tangki. Karena kalau tangki dibiarkan kosong dalam waktu tertentu, pasti akan diisi dengan udara. Inilah yang kemudian berubah menjadi embun. Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin mobil.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air akan bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya kualitas bahan bakar yang bercampur dengan air tentu jadi berkurang kualitasnya. Jalannya kendaraan bisa jadi tersendat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: