Ini Keuntungan Isi BBM Full Tank, Harga BBM Turun Rp 2.150/LIter, Cek Harga Baru Pertalite-Pertamax Hari Ini

Ini Keuntungan Isi BBM Full Tank, Harga BBM Turun Rp 2.150/LIter, Cek Harga Baru Pertalite-Pertamax Hari Ini

Kendaraan antri untuk mengisi BBM di sebuah SPBU-Ilustrasi Instagram-

Isi Bahan Bakar sesuai Anjuran

Isi bensin full tank memang penting. Tetapi yang tidak kalah penting adalah mengisi bahan bakar kendaraan sesuai dengan anjuran. Jangan sampai kekurangan, tapi jangan sampai kelebihan juga. Mengisi bahan bakar terlalu banyak hingga luber bisa berbahaya. Kalau sampai terlalu banyak, sistem keamanan SPBU secara otomatis akan menyedot kembali bahan bakar yang berlebih.

Selain itu juga sangat berbahaya jika bahan bakar sampai tumpah. Terutama kalau sampai bersentuhan dengan api dari berbagai sumber, bisa dari knalpot dan lain-lain. Kelalaian kecil seperti ini bisa menimbulkan api yang besar dan membahayakan banyak orang. Bahan bakar yang tumpah dan mengenai ban motor juga bisa menyebabkan kerusakan pada ban. Begitu pula bila terkena komponen lainya.

Mencegah Penurunan Performa

Mesin mobil yang tersendat-sendat biasanya terjadi pada kendaraan yang berbahan bakar solar. Karena itu, untuk kendaraan yang menggunakan mesin diesel sangat disarankan untuk mengisi bahan bakar bila tangki sudah kosong setengahnya. Karena kalau dibiarkan, kendaraan yang berbahan bakar solar bisa-bisa malah tak mau menyala mesinnya.

Tangki yang dibiarkan kosong akan menimbulkan karat. Karat ini lama kelamaan akan mengelupas atau bercampur dengan bensin ketika diisi penuh. Bensin yang sudah bercampur pasti akan mengganggu performa. Bisa saja mesin jadi tersendat-sendat dan menimbulkan suara berisik.

Tak hanya mengisi bensin mobil full tank saja yang dianjurkan, tetapi sangat penting pula untuk memilih jenis BBM yang sesuai dengan mesin yang digunakan.

Harga BBM Turun

Pertamina dan penyedia BBM swasta kompak menurunkan harga BBM padavwal tahun 2023. Mungkinkah BBM kembali turun pada awal Februari 2023?

Pada awal Januari 2023, harga BBM turun sangat bervariasi.

Catatan Jambi Ekspres penurunan harga  BBM berkisar Rp 1.100 sampai Rp 2.150/liter.

Namun, meski ada berkali-berkali terjadi penurunan harga BBM, harga Pertalite hingga menjelang akhir Janurai 2023 masih tetap Rp 10.000 per liter.

Sama halnya dengan Pertalite, BBM solar juga tidak ada perubahan tetap Rp 6.800 per liter.

Sementara pada penurunan awal Janurai lalu, PT Pertamina Persero menurunkan harga bahan minyak (BBM) sejak 3 Januari 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Sedangkan penyedia BBM  swasta seperti  BBM PT Vivo Energy Indonesia, BBM British Petroleum (BP) Indonesia dan Shell Indonesia juga menurunkan harganya. dari tanggal 1-4 Januari 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: