Ini Penyebab BBM Boros di Kendaraan, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru di SPBU Hari Ini

Ini Penyebab BBM Boros di Kendaraan, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru di SPBU Hari Ini

Pembelian BBM jenis Pertalite mulai dibatasi--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Bahan bakar minyak (BBM) menjadi salah satu yang vital untuk proses pembakaran mesin kendaraan.

Tentunya diperlukan pengiritan dalam menggunakannya. Dalam penggunaan kendaraan sehari-hari, pasti Anda pernah mengalami BBM yang sangat boros.

Sehingga membuat kenyamanan dalam berkendara terganggu dan bahkan pengeluaran biaya untuk BBM menjadi besar. Namun terdapat penyebab bensin boros pada kendaraan.

Berikut adalah penyebab bensin boros seperti dikutip Jambi Ekspres dari mypertamina.id

1. Filter Bensin Yang Kotor

Penyebab dari bensin kendaraan boros selanjutnya ialah karena filter bensin yang kotor. Masalah ini biasanya sering terjadi dikarenakan pengendara telat untuk melakukan servis rutin sama seperti dengan mengganti oli. Sedangkan filter bensin merupakan bagian yang wajib untuk dibersihkan tepat waktu.

Filter bensin harus rutin dibersihkan serta wajib diganti setiap jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Pembersihan dan penggantian filter bensin memiliki tujuan agar bensin yang disalurkan ke ruang bakar selalu bersih.

Saat bensin yang disalurkan kotor, maka akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Hal ini mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan di dalam ruang bakar.

2. Penggunaan AC Yang Terlalu Dingin

Dengan kehadiran AC membuat penumpang nyaman, tapi Anda perlu perhatikan juga cara menggunakannya. Pada saat siang hari saat cuaca sedang panas, biasanya orang-orang cenderung menyalakan AC sampai suhu paling dingin. Sebenarnya hal itu salah, karena apabila suhu AC semakin dingin, maka bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak.

Apabila saat suhu AC menjadi sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigerant akan membagi daya. Pengaruhnya adalah power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja dengan keras. Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja.

3. Terlambat Mengganti Oli

Penyebab dari bensin boros yang pertama ini sangat umum terjadi, disaat pengendara terus mengulur waktu untuk melakukan servis pada kendaraan. Sedangkan saat melakukan servis rutin, otomatis oli pada kendaraan akan langsung diganti. Apalagi untuk kendaraan yang sering digunakan setiap hari.

Jarak tempuh rata-rata setiap kendaraan untuk ganti oli ialah sekitar 5 ribu km. Jika sudah melewati jarak tersebut, maka dapat menyebabkan penurunan pada kualitas oli. Dampak dari hal itu adalah menurunnya kinerja mesin dan menyebabkan bensin menjadi boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: