Ini Penyebab BBM Boros di Kendaraan, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru di SPBU Hari Ini

Ini Penyebab BBM Boros di Kendaraan, Harga BBM Turun Rp 2.150/Liter, Cek Harga Baru di SPBU Hari Ini

Pembelian BBM jenis Pertalite mulai dibatasi--

4. Filter Udara Yang Kotor

Bagian yang perlu untuk dibersihkan secara rutin selain filter bensin adalah filter udara. Mesin pada kendaraan memerlukan suplai udara yang bersih, sehingga mesin dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Apabila filter udara sudah kotor makan akan menyebabkan berkurangnya pasokan udara bersih ke dalam mesin.

 

Apabila filter udara dibiarkan kotor maka akan menyebabkan dampak buruk, yaitu berkurangnya pasokan udara bersih yang masuk ke dalam mesin. Alhasil piston akan bekerja lebih berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar kendaraan Anda mencapai akselerasi tinggi dan hal itu menyebabkan bensin boros.

5. Menggunakan BBM Yang Tidak Tepat

Kesalahan selanjutnya dapat terjadi jika Anda menggunakan bensin atau BBM yang tidak sesuai dengan standar pabrik pada mesin. Penyebab bensin boros dapat dikarenakan kualitas dari bahan bakar lebih rendah, yakni oktan lebih rendah dari 90.

Kendaraan memerlukan bahan bakar dengan oktan tinggi, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebih kuat dan bensin tidak akan boros. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan dibawah oktan 90 bahkan 80, maka hal itu dapat menyebabkan pengeluaran bahan bakar akan lebih besar.

Anda dapat menggunakan BBM Pertamax dan Pertamax Turbo. Produk dari PT Pertamina (Persero) itu memiliki angka oktan 92 untuk Pertamax dan angka oktan 98 untuk Pertamax Turbo. Untuk harga Pertamax dan harga Pertamax Turbo juga masih terjangkau dengan kualitas yang baik.

6. Terjadi Masalah Pada Ban

Kendaraan diharuskan menggunakan ban dengan ukuran yang sesuai standar. Tetapi untuk beberapa kendaraan yang sudah dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai dengan standar. Tentu saja hal ini adalah dapat menyebabkan masalah pada kendaraan Anda. Dampaknya adalah gaya gesek pada ban dan berat ban akan bertambah. Otomatis akselerasi kendaraan akan terhambat dan sudah pasti akan menjadi boros bensin.

Selain menggunakan ban dengan ukuran yang tidak sesuai standar, menggunakan ban kempes atau yang sudah gundul juga dapat menjadi masalah. Menggunakan ban yang kempes dan sudah botak juga meningkatkan gesekan dengan aspal.

Hal itu menyebabkan daya putar dan beban mesin tidak seimbang sehingga menyebabkan BBM yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

Harga BBM Turun

Awal tahun 2023, harga BBM di seluruh Indonesia kompak turun pada awal tahun 2023.

Hebatnya ada sekitar 14 jenis BBM yang turun. Boleh dibilang rekor baru penurunan harga BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: