Bulan Ramadhan Tol Bayung Lencir-Tempino Mulai Dikerjakan, Seksi 3 di Muaro Jambi dan Ini Progres Lelangnya

Bulan Ramadhan Tol Bayung Lencir-Tempino Mulai Dikerjakan, Seksi 3 di Muaro Jambi dan Ini Progres Lelangnya

Jalan Tol Trans Sumatera. Foto : Dok Hutama Karya--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Kementerian PUPR telah memulai proses lelang proyek pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1,2 dan seksi 3. 

 

Bayung Lencir di Sumatera Selatan dan Tempino di Provinsi Jambi. Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas tol Betung-Tempino-Jambi yang memiliki total panjang 169 kilometer dengan nilai investasi Rp 25,2 triliun. 

 

Mengintip laman LPSE Kementerian PUPR, terlihat ada 3 seksi tol Bayung Lencir-Tempino yang telah memasuki tahapan lelang. Berikut nilai, peserta dan progres lelangnya :

 

1. Seksi 1

Lelang proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 telah dibuka sejak 31 Oktober 2022 dengan nilai pagu paket yaitu Rp 1,67 Triliun, tepatnya Rp. 1.674.858.326.000,00.

 

Lokasi proyek pembangunan jalan Tol Bayung Lencir-Tempino ini ada di Musi Banyuasin, tepatnya di Bayung Lencir. 

 

Ada 70 perusahaan yang mendaftar dalam lelang Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 dan yang lolos evaluasi kualifikasi dan mengikuti tahap pembuktiannya hanya ada empat perusahaan.

 

Keempat perusahaan itu adalah PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Yasa Patria Perkasa, PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya. 

 

Dalam laman LPSE yang dipantau Jambi Ekspres, terlihat proses lelang sudah sampai pada tahap Pembukaan dan Evaluasi Penawaran.

 

Dalam jadwal, penetapan pemenang akan dilakukan pada 23 Januari 2023 ini dan tanda tangan kontrak 3 Februari 2023. 

 

2. Seksi 2

Lelang pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 2 sempat terdetect 'Gagal Lelang' namun saat ini kembali dibuka lelang ulang. 

 

Dalam lelang ini tercatat ada 47 peserta lelang yang mendaftar.  Nilai pagu lelang seksi 2 ini Rp 1,4 Triliun atau tepatnya Rp. 1.412.740.662.000. Lokasi pekerjaannya di Kabupaten Musi Banyuasin 

 

Terpantau tahapan lelang ulang baru masuk pada evaluasi dokumen peserta lelang. 

 

3. Seksi 3

Lelang proyek pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 kini telah memasuki tahap ke 13 yaitu Pembukaan dan Evaluasi Penawaran. 

 

Dari laman LPSE terlihat pagu anggaran seksi 3 ini Rp 2,6 Triliun atau tepatnya Rp. 2.831.749.540.000,00.

 

Jika seksi 2 dan 3 lokasi proyeknya ada di Musi Banyuasin maka Seksi 3 ini tercatat di LPSE, lokasi pekerjaannya berada di Kab. Muara Jambi, dan tentunya di Tempino, sesuai dengan nama jalannya, Tol Tempino. 

 

Tercatat ada 75 perusahaan kualifikasi usaha besar ikut mendaftar sebagai peserta dan yang lolos kualifikasi hanya ada tiga yaitu  PT. Pembangunan Perumahan, PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya. 

 

Jika proses lelang berjalan sesuai jadwal, maka pengumuman pemenang akan dilakukan 27 Januari 2023 dan jika tak ada yang melakukan sanggah maka 3 Maret akan dilakukan tanda tangan kontrak dengan pemenang lelang. 

 

Artinya Maret 2023 pekerjaan Sesi 3 jalan Tol Bayung Lencir-Tempino akan mulai dikerjakan di Kabupaten Muaro Jambi. 

 

Jika tak ada aral melintang waktu awal pekerjaan juga tak jauh dengan jadwal bulan Ramadhan. Seperti kita ketahui Ramadhan diperkirakan dimulai pada 22-23 Maret 2023.

 

Hanya saja jadwal ini tentu saja masih bisa berubah, jika Pokja melakukan perubahan seperti memperpanjang waktu tahapan atau jika ada yang melakukan sanggah.

 

Dapat diketahui, jaringan Jalan Tol di Sumatera Selatan terdiri dari tiga ruas yakni tol Betung - Tampino - Jambi, dan Simpang Indralaya - Muara Enim.

 

Triono Junoasmono mengatakan, untuk ruas Betung - Tempino - Jambi sepanjang 169 Km saat ini sudah memiliki Feasibility Studies (FS) dan basic design. 

 

Untuk pengadaan tanah sudah dilakukan penentuan lokasi dan dalam proses appraisal. "Diharapkan tahun 2024 sudah tersambung Jalan Tol hingga Jambi. Namun bila persetujuannya belum didapatkan di tahun 2022 maka targetnya bisa bergeser," kata Triono. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: