Ngeri! 5 Jalan Tol ini Terbentang Sangat Panjang di Atas Air Hingga 42 Km, Salah Satunya ada di Indonesia

Ngeri! 5 Jalan Tol ini Terbentang Sangat Panjang di Atas Air Hingga 42 Km, Salah Satunya ada di Indonesia

Ilustrasi salah satu jalan tol yang terbentang di atas air. Foto : Net--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tak hanya di darat, bangunan jalan tol ternyata juga ada yang terbentang super panjang di atas air. 

Tentu saja membangun jalan tol di atas air memiliki tantangan tersendiri, selain desain struktur yang berbeda, juga berpengaruh terhadap ongkos pembangunanya yang pasti mahal, apalaginya panjangnya tak main-main, ada yang sampai 42 kilometer, ngeri!

 

Berikut lima negara yang membangun jalan tol di atas air terpanjang di dunia. 

 

1. Jalan Tol Jiaozhou Bay (China) 

Jalan tol ini ada di negara China. Namanya Jalan tol Jiaozhou. Sangat panjang, jalan tol ini terbentang di atas air sepanjang 42 kilometers. Jalan tol ini pernah masuk Guinness World Record. 

 


--

 

Jalan tol Jiaozhou membentang dari distrik Huangdao menuju pelabuhan di Qingdao. 

 

Mega proyek ini termasuk program jangka panjang, karena dibangun selama 4 tahun oleh pemerintah di China dengan menelan biaya 20 triliun dalam rupiah.  

 

Jalan tol Jiaozhou baru beroperasi sejak tahun 2011 lalu dan dikerjakan oleh BUMN China yang memang bisnisnya bidang konstruksi. 

 

Jalan tol ini menghabiskan 450.000 ton baja, baja ini setara dengan kebutuhan baja untuk membangun 65 menara Eiffel. Selain baja, jalan tol ini menghabiskan 2,3 juta meter kubik beton. 

 

Hebatnya lagi, Konstruksi jalan tol ini  telah didesain sedemikian rupa agar bisa  menahan gempa berkekuatan

8 skala Richter serta menahan tabrakan kapal berbobot 300.000 ton.

 

2. Jalan Tol Danau Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat 

Jalan tol Danau Pontchartrain atau Lake Pontchartrain melintasi Danau Pontchartrain di Louisiana Selatan Amerika Serikat. Panjang jalan tol ini mencapai 38,35 kilometers. 

 


--

 

Sangat hebat,jalan tol ini ditopang oleh 9500 tiang beton, Membuat ia menjadi jalan tol di atas air terpanjang yang kokoh dan terjamin keamanan strukturnya. 

 

Kedua ruas tol ini juga memiliki bascule yang membentang saluran navigasi 13 km selatan pantai utara. Jembatan bascule adalah jembatan yang bisa bergerak ke arah vertikal dan horizontal.

 

3. Jalan tol Chesapeake Bay, Amerika Serikat

Jalan tol di atas air ini ada di negara Amerika Serikat. Panjangnya 24,01  Km. Pembangunan jalan tol ini dilakukan dua tahap, pertama pada tahun 1952 dengan panjang 6,9 kilometer. Sisa tahap berikutnya pada tahun 1873. 

 


--

 

Lokasi jalan tol ini ada di teluk Chesapeake Maryland Amerika Serikat. Tujuan dibangun jalan tol ini untuk menghubungkan wilayah desa di pantai timur  dengan area pusat kota di pantai barat. 

 

4. Jalan Tol Penang - Malaysia 

Jalan tol ini bernama Tol Penang. Posisinya berada di Negara Malaysia. Panjang jalan tol di atas air milik Malaysia ini adalah 24,01 kilometer. 

 


--

 

Jembatan di atas air milik Malaysia ini secara konstruksi memiliki dua jalur. Jalan tol ini menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. 

 

Jalan tol ini resmi dibuka pada 14 September 1985. Jalan tol ini pernah tercatat sebagai jalan tol terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmark nasional Malaysia.

 

Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh kapal ferry. 

 

5. Jalan Tol Bali Mandara, Indonesia 

Jalan tol ini membentang di atas air dengan panjang 12,7 Km. Indonesia patut berbangga karena jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol di atas air terpanjang di dunia. 


Ilustrasi jalan tol atas laut pertama di Indonesia yang ada di Pulau Bali. Foto : bpjt.pu.go.id--

 

Jalan Tol Bali Mandara juga menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk. melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dan merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

 

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, telah dipasangi alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan. 

 

Jalan tol yang memiliki panorama pemandangan laut yang sangat indah ini juga dilengkapi CCTV pemantau 24 jam dalam memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok serta dilengkapi dengan layanan derek gratis.  

 

Di sekitar lokasi jalan tol ini telah ditanam 16.000 batang pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup sekaligus mendukung program penghijauan. Demikian lima jalan tol di atas air terpanjang di dunia. (*)


Foto-foto diambil dari berbagai sumber di internet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: