Dua Jenderal ini Ditodong jadi Gubernur saat Mudik Hadiri Acara Ulang Tahun Jambi. Ini Profil Keduanya

Dua Jenderal ini Ditodong jadi Gubernur saat Mudik Hadiri Acara Ulang Tahun Jambi. Ini Profil Keduanya

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Armed Wijaya dan Oditur Jenderal TNI Laksamana Muda Nazali Lempo. Foto : Faiz/Jambi Ekspres--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ada dua jenderal bintang dua selaku putra terbaik Jambi yang terlihat sedang mudik pulang ke kampung halamannya di Jambi. Mereka pulang untuk menghadiri hari ulang tahun Provinsi Jambi ke 66. 

 

Kehadiran dua jenderal ini tampak di gedung DPRD Provinsi Jambi (6/1), Mereka adalah Irjen Pol Armed Wijaya yang kini menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, dan Laksamana Muda Nazali Lempo yang kini menjabat sebagai Oditur Jenderal TNI. 

 

Menarik, bukan sekedar pulang untuk merayakan ulang tahun, keduanya malah ditodong untuk mau jadi Gubernur Jambi periode 2024-2029.

 

Adalah beberapa tokoh masyarakat yang menyebut nama keduanya sebagai calon pemimpin masa depan Jambi karena dianggap memenuhi. Bahkan telah ditodong untuk mau maju meramaikan kontestasi Pilkada Jambi 2024.

 

Sosok dua jenderal ini dianggap pas menjadi gubernur karena memiliki pengalaman yang matang di bidangnya. Keduanya juga dianggap memahami Jambi karena berasal dari Jambi. 

 

Memang, Jambi sebentar lagi akan segera menentukan calon pemimpin dan bursa calon gubernur pun bermunculan. Pemilihan gubernur Jambi dalam jadwal akan dilaksanakan pada 27 November 2024, bersamaan dengan pemilihan presiden dan legislatif. 

 

Meski Al Haris, Gubernur Jambi yang sekarang disebut-sebut masih akan maju mencalonkan diri, namun nama-nama lain mulai bermunculan di tengah masyarakat, termasuk dua jenderal bintang dua ini.

 

Berikut profil dua jenderal bintang dua yang digadang-gadangkan sebagai calon gubernur Jambi. 

 

1. Irjen Pol Armed Wijaya 

Irjen Pol Armed Wijaya merupakan putra terbaik Jambi yang yang baru saja bertugas sebagai Kapolda Bengkulu pada 23 Desember 2022 lalu. 

 

Ia mendapat kepercayaan dari Kapolri mengemban amanah sebagai Kapolda Bengkulu sejak 23 Desember 2022 lalu. 

 

Irjen Pol Armed Wijaya memang tak pernah bertugas di Jambi sejak menjadi anggota Polri. Namun nama Irjen Pol Armed Wijaya Tak asing bagi masyarakat Jambi. 

  

Irjen Pol Armed Wijaya merupakan salah satu putra terbaik Jambi. Ia tumbuh dan besar di Kota Jambi dan lahir di Palembang, pada 22 Agustus 1966.

 

Irjen Pol Armed Wijaya adalah alumni SMPN 1 Kota Jambi dan merupakan lulusan Akpol 1988. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam RI.

 

Usai mengikuti seremonial HUT Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, kemunculan Irjen Pol Armed Wijaya langsung menarik perhatian para wartawan. Wajar saja, hari ini ia pulang ke Jambi untuk ikut memperingati hari ulang tahun kampung halamannya.

 

Beberapa pertanyaan pun muncul, salah satunya, apakah ia berminat kembali pulang ke Jambi untuk memimpin Provinsi Jambi sebagai seorang gubernur? Tak menjawab panjang, Irjen Pol Armed Wijaya hanya tertawa.  "Ha, ha, ha. Saya masih Kapolda Bengkulu, fokus tugas dulu," ujarnya. 

 

Meski tak tinggal di Jambi, wajah Irjen Pol Armed Wijaya bersama istri masih sering muncul di tengah masyarakat. Ia masih sering memberikan ucapan untuk beberapa hari besar melalui baliho yang dipasang di berbagai titik di Jambi. 

 

Riwayat karir Irjen Pol Armed Wijaya : 

1.Kabag Binlat Ro Ops Polda Kaltim (2006—2008)

2.Kapolres Bontang Polda Kaltim (2008—2009)

3.Kapolres Berau Polda Kaltim (2009—2011)

4.Dir Tahti Polda Kaltim (2011—2013)

5.Kabag Dumas Rorenmin Itwasum Polri (2015—2016)

6.Kabid. Penanganan Kejahatan Luar Biasa pada Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa Kemenkopolhukam (2017—2018)

7.Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenkopolhukam (2018—2019)

8.Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa Kemenkopolhukam (2019—2020)

9.Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam RI (2020—2022)

10.Kapolda Bengkulu (2022—Sekarang). (aiz/dpc)

 

2. Laksamana Muda Nazali Lempo

Nama lengkapnya Laksamana Muda TNI Dr H Nazali Lempo S.H., M.H., CHRMP., M.Tr.Opsla. Ia merupakan salah satu putra terbaik Jambi yang mendapat amanah menjabat sebagai Oditur Jenderal TNI sejak tahun 2022 lalu. 

 

Pria kelahiran 14 Oktober 1965 ini merupakan alumni Akademi Angkatan Laut angkatan tahun 1990. 

 

Ia juga berhasil meraih gelar Doktor Hukum setelah melalui wisuda pada sidang senat terbuka Program Pascasarjana yang digelar Universitas Hasanuddin (UNHAS) dengan  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memuaskan nilai 3,78. 

 

Saat mudik ke kampung halaman pada hari ulang tahun Provinsi Jambi (6/1), Laksamana Muda Nazali Lempo juga digadang-gadangkan masuk dalam bursa calon Gubernur Jambi pada pemilihan gubernur 2024 mendatang. 

 

Nama Nazali Lempo patut diperhitungkan karena mantan Danpuspom TNI ini juga punya kans dan basis dukungan cukup besar. 

 

"Terimakasih, itu artinya orang masih ingat dengan kita yang berada di perantauan. Kita banggalah, kalau orang masih ingat," ujar menanggapi pertanyaan media terkait namanya masuk dalam calon Gubernur Jambi.  

 

Nazali Lempo mengaku tidak mau berspekulasi meskipun ada dorongan yang muncul dari masyarakat. Menurutnya, saat ini dirinya masih fokus menjalankan tugas yang tengah diemban. "Fokus tugas saja. Kalau TNI itukan tugas pokok yang utama," lanjutnya. 

 

Riawayat Karir Laksamana Muda Nazali Lempo

1. Danpomal Lantamal VI/Makassar

2. Danpomal Lantamal III/Jakarta (2014—2015)[5]

3. Komandan PM Kormabar[6] (2015—2016)

4. WaDanlantamal II/Padang[7] (2016—2017)

5. WaDanpuspomal (2017—2018)

6. Danpuspomal (2018—2021)

7. Danpuspom TNI (2021—2022)

8. Orjen TNI (2022—Sekarang).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: