UIN STS Jambi Ditunjuk Perguruan Tinggi Penyelenggara PKDP

 UIN STS Jambi Ditunjuk Perguruan Tinggi Penyelenggara PKDP

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/ ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2022 BW Luxury Hotel, Senin – Kamis (19-23/12) dan Pajajaran Hotel, Selasa – Sabtu (27-31/12) yang untuk pertama kali dilaksanakan Kementerian Agama RI. Kegiatan ini dilaksanakan serentak se-Indonesia dengan jumlah peserta 1.700 dosen pemula yang dibagi menjadi 17 lokasi PTP terpilih di Indonesia.


Civitas LPM UIN STS Jambi--

Rektor UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D., mengucapkan terimakasih kepada Gus Menteri Agama RI, KH. Yaqut Cholil Qaumas melalui Dirjen Pendis, Prof. Dr. H. Ali Ramdhani, S.TP., M.T., yang telah menunjuk UIN STS Jambi sebagai salah satu tuan rumah untuk melaksanakan Pelatihan Kompetensi Dosen Pemula ini selain itu UIN STS Jambi juga ditunjuk sebagai pelaksana Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) bagi para dosen dari berbagai PTKIN se-Indonesia.

“Dapat kami laporkan kepada Gus Menteri dan Bapak Dirjen Pendis, UIN STS Jambi mulai sekarang InsyaAllah sudah siap melaksanakan even nasional dan internasional baik di bawah program Kemenag, Kementerian lain atau dengan berbagai kerja sama internasional dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D.


UIN STS Jambi PTP kegiatan PKDP--

Ditambahkannya, saat ini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah meraih berbagai prestasi membanggakan baik di bawah Kementerian Agama, Lintas Kementerian, maupun dalam perangkingan dunia. Diantaranya ranking THE 20th se Indonesia, THU WUR kelompok Reporter, UI Green Metric ranking 29 Indonesia, ranking 2 di bawah Kemenag dan ranking 261 Dunia. Di samping itu fisik bangunan dan beragai ruangan dan fasilitas lain juga sudah sangat mendukung berbagai kegiatan Nasional dan Internasional dimaksud.

“Terima kasih kepada seluruh pajabat yang sudah melaksanakan kegiatan PKDP ini,” kata Rektor.


Ketua dan Sekretaris LPM UIN STS Jambi--

Sejalan dengan itu, Ketua LPM UIN STS Jambi, Dr.Dian Mursidah, M.Ag., menjelaskan secara nasional ada 1700 dosen pemula yang mengikuti PKDP dengan 17  PTP, dimana UIN STS Jambi sendiri sebagai salah satu PTP dengan 75 peserta yang terdiri dari dosen - dosen pemula di Provinsi Jambi,  bogor dan sekitarnya. 75 Peserta yang mengikuti pelatihan di bawah UIN STS Jambi dibagi emnjadi dua angkatan, diamana angkatan pertama dengan jumlah 39 peserta angakatn pertama yang akan mengikuti pelatihan Senin – Kamis (19-23/12) di BW Luxury Jambi dan 36 peserta angkatan II akan mengikuti pelatihan di  Pajajaran Hotel, Selasa – Sabtu (27-31/12).

"Ini yang pertama, kita harapkan semua peserta dari Jambi dapat mengikuti dengan baik dan hasil yang terbaik. Kita juga menghadirkan pemateri yang berkompeten," kata Ketua LPM UIN Jambi.

Kegiatan ini dibuka Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI), Prof. Dr. Muhammad Ali Rhamdani, S.TP., M.T., secara daring, Senin (19/12). Sebelum membuka kegiatan, Dirjen Pendis Kemenag RI memberikan materi terkait dosen dan pembelajaran. Dimana salah satu yang utama adalah 10 kriteria dosen profesional, yakni memiliki gaya mengajar yang merangsang belajar, mampu berkomunikasi dengan jelas, menguasai materi yang diampu, memiliki kesiapan materi yang terorganisir dengan baik, memiliki antusiasme yang dinamis, peduli terhadap mahasiswa, memiliki ketrampilan berinteraksi, bersikap fleksibel, kreatif dan keterbukaan, berkepribadian tangguh serta memiliki komitmen yang tinggi.

“PKDP menjadi instrument penting dalam mengembangkan semangat dan meningkatkan  kualitas dosen sehingga melahirkan kreatifitas dan inovasi yang baik khususnya bagi dosen – dosen pemula,” kata Prof. Dr. Muhammad Ali Rhamdani, S.TP., M.T. 

Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Dr. Syafi’I, M.Ag., kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan Kemenag bekerjasama dengan 17 Perguruan Tinggi Penyelenggaran se-Indonesia, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, yang mana ini sebagai ikhtiar untuk menanamkan kompetensi awal bagi dosen muda pemula sebagai bekal untuk memiliki kompetensi.

“Tujuannya untuk menciptakan dosen yang berkompeten dalam akademik, terampil dalam mengambangkan karir jabatan fungsional serta moderat dalam keberagamannya,” jelas Dr. Syafi’I,M.Ag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: