6 Bahan Bakar Pengganti Bensin, Apa Saja? Simak Ulasannya Disini

 6 Bahan Bakar Pengganti Bensin, Apa Saja? Simak Ulasannya Disini

Pemerintah menghadirkan bahan bakar baru pengganti BBM 55 persen lebih irit dibanding Pertalite. Harganya Rp 3 ribu per liter. Foto: ist/disway----

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kebutuhan bensin di Indonesia setiap tahun terus meningkat seiring makin banyaknya kendaraan yang makin membludak.

Secara otomatis harga BBM hampir bisa dikatakan terus bertambah.

Harga Pertalite dan Pertamax setiap tahun terus beranjak naik.

Untuk itu pemerintah terus mewujudkan bahan bakar pengganti pertalite dan pertamax ataupun solar.

Berikut ini 6 Bahan Bakar alternatif pengganti bensin:

1. Etanol

Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin pertama adalah Etanol. Jika dilihat dari namanya etanol merupakan campuran dalam minuman alkohol. Yang membedakannya adalah etanol yang satu ini telah dicampurkan dengan bensin.

Umumnya cairan yang satu ini digunakan untuk mobil penumpang. Kebanyakan cairan ini digunakan untuk truk, motor, mesin pertanian dan moped.

BACA JUGA:Jumat Berkah! BBM Turun 1.080, Berikut Harga Baru Pertalite-Pertamax 38 Provinsi di SPBU 3 November 2023

Etanol berasal dari proses fermentasi gula secara alami, berasal dari tanaman menggunakan ragi yang distilasi dan dikeringkan.

Bensin yang dicampur dengan etanol mampu mengoksidasi bahan bakar sehingga membuat bekerja lebih efektif dan mengurangi emisi. Hal tersebut membuat etanol menjadi salah satu energi alternatif yang baik digunakan untuk mengurangi pencemaran udara.

2. Biomassa Methane

Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin yang satu ini bisa Anda jumpai di sekitar sumber minyak bumi. Kebanyakan biomassa metana diperoleh dari fermentasi biomassa seperti pengolahan limbah makanan, sampah, lumpur limbah dan bubuk kopi atau teh.

Sayangnya kuantitas metana dihasilkan tidak terlalu besar sehingga penggunaan hanya sebatas bahan bakar heater rumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: