Faperta UNJA Gelar PPM Pada Kelompok Tani Teman Abadi Di Kelurahan Mudung Laut

Faperta UNJA Gelar PPM Pada Kelompok Tani Teman Abadi Di Kelurahan Mudung Laut

Foto Bersama Tim PPM Faperta di Kelurahan Mudung Laut--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Fakultas Pertanian (Faperta) UNJA menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dengan tema Internalisasi Usaha Tani Berbasis Zero Waste Agriculture Pada Kelompok Tani Teman Abadi Di Kelurahan Mudung Laut.


Proses pembuatan kompos--

Kegiatan PPM ini dilaksanakan, 19 Juli - 3 Desember 2022, dan dibagi menjadi dua tahapan, yaitu Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat antara lain, Survei pendahuluan, Sosialisasi dan pembekalan tentang pertanian terintegrasi dan zero waste agriculture, Demonstrasi pembuatan biochar, Demonstrasi pembuatan kompos, Monitoring kompos, Pemanenan kompos, Pembuatan bipestisida dan Pelatihan tentang penyusunan laporan keuangan usaha tani dan perhitungan pajak. Untuk tahap dua yaitu Evaluasi dan monitoring kegiatan dimana telah terlaksana mencapai 60% dari seluruh rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 


Demplot aplikasi kompos dan biochar--

Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah mempercepat internalisasi teknologi tepat guna pada mitra dalam pengolahan limbah pertanian berbasis zero waste agriculture  dan menghasilkan produk yang bernilai ekonomis dari pengolahan limbah tersebut. Kegiatan ini diharapkan mampu mendukung keberlanjutan usaha tani juga mampu meningkatkan pendapatan petani. Solusi yang ditawarkan kepada mitra meliputi beberapa aspek yaitu produksi, sumber daya manusia dan manajemen usaha, produksi dengan melakukan pengelolaan terhadap limbah usaha tani menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis dan membantu dalam perbaikan tanah seperti kompos, pupuk organik cair, biocar, mengendalikan serangan hama dengan menggunakan biopestisida yang diproduksi sendiri, membuat produk alternatif sumber energy terbaharukan berupa briket sekam dan pembinaan usaha tani melalui penyusunan laporan keuangan dan perhitungan pajak. 

"Mitra dari kegiatan PPM ini adalah kelompok tani Teman Abadi. Kelompok tani merupakan salah satu kelompok tani yang aktif dikelurahan Mudung Laut. Kelompok tani ini sudah terbentuk dari tahun 1975. Kelompok tani ini sudah memasuki generasi ketiga dan  masih berlanjut hingga saat ini dengan jumlah anggota sebanyak 25 orang. Kelompok tani ini sebagian besar membudidayakan tanam padi sawah dan hortikultura (kacang tanah, sayuran, terong dan timun).  Keunggulan dari usaha tani di wilayah ini adalah kegiatan budidaya dilakukan bersama dengan usaha ternak sapid an bebek. Saat ini jumlah sapi yang diternak oleh mitra mencapai 15 ekor dan  bebek  sebanyak 60 ekor," jelas Ketua TIM PPM. (*)

 

Tim dalam PPM ini, yaitu Dr. Ir. Heri Junedi, M.Sc (Ketua), Diah Listyarini, S.P., M.Si (anggota), Ir. Endriani, M.P (anggota) dan

Dr. Ir. Hj. Sunarti, S.P., M.P., IPU (anggota).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: