12 Kepala Daerah Sepakat Tandatangan SK Roadmap TP2DD

12 Kepala Daerah Sepakat Tandatangan SK Roadmap TP2DD

Penandatanganan SK Roadmap TP2DD bentuk komitmen mengawal perluasan digitalisasi transaksi keuangan daerah menuju Pemda Digital. --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bank Indonesia pada Selasa 29 November 2022 menyelenggarakan kegiatan High Level Meeting dan Capacity Building TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) di Provinsi Jambi tahun 2022. 

Kegiatan dilaksanakan di Abadi Convention Centre, menghadirkan kepala daerah Provinsi Jambi dan Kepala Daerah 11 kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, Kepala Badan Keuangan Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Direksi dan Pejabat Bank Jambi. 


Mukti Rigowo, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi saat memberi kata sambutan--

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Drs Ariansyah ME, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jambi.  

Dalam kegiatan ini, dilakukan seremonial penandatanganan SK Roadmap TP2DD oleh 12 Kepala Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi, disaksikan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dan Direksi Bank Jambi.   

Penandatanganan SK Roadmap TP2DD ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam mengawal perluasan digitalisasi transaksi keuangan daerah agar seluruh Pemda di dalam wilayah Provinsi Jambi dapat masuk ke dalam kategori Pemda Digital. 


Tamu yang hadir dalam High Level Meeting dan Capacity Building TP2DD di Provinsi Jambi Tahun 2022--

Mukti Rigowo, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam sambutannya mengatakan agenda utama pada High Level Meeting (HLM) TP2DD hari ini salah satunya adalah penandatangan peta jalan atau roadmap untuk masing-masing TP2DD.

“Dari koordinasi dan sinergi yang telah kita lakukan, pada hari ini secara bersama-sama kita dapat mengesahkan Peta Jalan dan Rencana Aksi Pengembangan ETPD. Melalui seremoni pengesahan ini, seluruh TP2DD diharapkan dapat bersama-sama berkomitmen untuk mengembangkan ETPD di Provinsi Jambi melalui rencana aksi yang lebih terarah dan efektif,” ujar Mukti. 


Pemaparan overview TP2DD dan evaluasi IETPD yang disampaikan oleh Ranny Setyastuti--

Saat ini telah terbentuk 12 TP2DD yang terdiri dari 1 TP2DD tingkat Provinsi Jambi dan 11 TP2DD di tingkat Kabupaten/Kota. Dari serangkaian kegiatan hari ini, Bank Indonesia berharap semua dapat menjadi lebih aktif dalam mengembangan ETPD di wilayah Provinsi Jambi guna mendukung transaksi keuangan pemerintah yang semakin efisien dan handal.

Bank Indonesia sendiri dikatakan Mukti memiliki salah satu tugas yaitu mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

“Bank Indonesia telah melakukan inisiatif untuk mempercepat implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan digitalisasi pembayaran, diantaranya melalui ekstensifikasi penggunaan QRIS, mendorong interkoneksi dan interoperabilitas layanan sistem pembayaran, memetakan profil ETPD di seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), mengoptimalkan Penyedia Jasa Pembayaran untuk berkolaborasi dengan Pemda dan BPD setempat, hingga mendukung dalam pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD),” lanjutnya.


Foto bersama kepala Bakeuda provinsi, kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Jambi usai workshop --

Sebagai anggota TP2DD, Bank Indonesia ikut bertugas mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas ETPD, serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan tata kelola keuangan yang terintegrasi.

High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building Tim Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Provinsi Jambi Tahun 2022 ini, juga diisi Bank Indonesia dengan melakukan pemaparan overview TP2DD dan evaluasi IETPD yang disampaikan oleh Ranny Setyastuti. Pada sesi kedua diisi dengan workshop pengisian SIP2DD yang dipandu langsung oleh Lidya Susilo dari Bank Indonesia. (dpc)


Workshop pengisian SIP2DD yang dipandu langsung oleh Lidya Susilo dari Bank Indonesia--

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: