Truk Raksasa Lalu Lalang di Jalan Raya Jambi, Kepo? Ini Fungsinya

Truk Raksasa Lalu Lalang di Jalan Raya Jambi, Kepo? Ini Fungsinya

Truk raksasa tambang batu bara Jambi melewati Kabupaten Batanghari Jambi baru-baru ini. -Foto : FB Erni Sapriati-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Warga Jambi dalam beberapa tahun terakhir sering heboh dengan kemunculan truk raksasa di jalan raya Jambi. 

Disebut truk raksasa karena ukurannya yang memang sangat besar. Selain lebar, truk ini juga sangat tinggi, diameter rodanya saja hampir dua kali lipat tinggi orang dewasa. 

Truk raksasa ini lalu lalang memang tidak setiap hari. Kemunculannya hanya pada waktu tertentu saja, biasanya dikawal oleh aparat keamanan seperti hendak menuju ke suatu tempat.

Truk raksasa ini muncul dalam kondisi cat dan warna ban yang masih fresh seperti baru keluar dari dealer. 

Banyak warga yang kepo atau penasaran truk ini akan dibawa kemana. Namun sebagian juga telah mengetahui bahwa kendaraan ini akan dibawa ke sejumlah area pertambangan batu bara yang ada di Provinsi Jambi.

Jambi Ekspres mencoba menelusuri website resmi kendaraan ini di situs cat.com. 

Caterpillar Inc atau sering disingkat CAT adalah sebuah perusahaan asal Amerika yang merancang, mengembangkan, merekayasa, memproduksi, memasarkan, dan menjual permesinan, mesin, produk keuangan, dan asuransi ke klien di seluruh dunia melalui jaringan waralaba, termasuk ke Indonesia.

Menyesuaikan type dan desain seperti yang sering muncul di jalan raya Jambi, keterangan yang tertera di situs, kendaraan ini disebut sebagai Truk Non Jalan Raya 777 keluaran CAT.

Muatan truk ini juga tak main-main, dalam keterangan tertulis bahwa truk raksasa ini mampu membawa muatan seberat 98,2 ton, bukan kaleng-kaleng.

Meski saat melewati jalan umum ia berkecepatan rendah namun sebenarnya truk non jalan raya Cat 777 ini memiliki kecepatan yang sangat besar, yaitu 67,1 km per jam, itu yang tertulis di situs.

Truk raksasa ini juga disebut mampu menghadirkan produktivitas terbaik di kelasnya dengan mesin yang telah ditingkatkan.

Cat 777 ini juga memiliki keunggulan transmisi serta kabin yang nyaman dan hemat bahan bakar. Mengusung mesin 32,1 L atau sekitar 32.1000 cc, ngeri!

Terbiasa dengan mobil sport? Mungkin anda akan terkesima dengan performa truk raksasa ini, dengan dimensi mesin yang super besar dan juga kekuatan yang dijamin super tangguh.

Apa fungsinya? Truk raksasa ini digunakan untuk memindahkan material dengan beragam kerapatan. Jika melihat situsnya, truk ini digunakan untuk mengangkut material pertambangan. Salah satunya adalah material tambang batu bara. 

Sesuai namanya, Truk Non Jalan Raya, bisa dipastikan truk raksasa ini tidak boleh beroperasi di jalan raya umum. Jika pun warga Jambi sering melihatnya lalu lalang dengan pengawalan pihak keamanan,  mungkin saja sedang numpang lewat menuju lokasi si pemesan, yaitu perusahaan pertambangan batu bara. (dpc)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: