Tim PKM STIE Sakti Alam Kerinci Dorong Peningkatan Produktifitas dan Pengelolaan Keuangan

Tim PKM STIE Sakti Alam Kerinci Dorong Peningkatan Produktifitas dan Pengelolaan Keuangan

. Pelatihan Manajemen Keuangan dan Akuntansi --

Pada UMKM Setia Anyaman Bambu

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Salah satu prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP), adalah pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini didasarkan fakta bahwa UMKM telah banyak berkontribusi dalam perekonomian nasional. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sangat strategis, karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, dan sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. Salah satu UMKM adalah anyaman Bambu.


Pelatihan Manajerial UMKM--

Bambu termasuk tanaman serbaguna dan multifungsi. Bambu yang telah tua dapat diproses menjadi bahan baku industri alat musik, caping, sangkar burung dan perkakas dapur. Semakin tua umur tanaman bambu, semakin banyak kegunaan dan manfaatnya. Melimpahnya tanaman bambu, berpeluang untuk berindustri dengan membuat kerajinan anyaman bambu.


Penyerahan Alat Mesin Bor--

Usaha anyaman bambu merupakan industri kecil yang hasil industrinya dan pemasarannya sampai keluar kota. Dengan bentuk yang beraneka ragam, bentuk dan kreatifitas yang mengikuti kebutuhan masyarakat.

Masyarakat telah menyadari bahwa pembangunan telah nampak, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan pemerintahan. Masalah pada masyarakat pedesaan dapat berupa rendahnya tingkat pendidikan, tingginya tingkat pengangguran, sempitnya luas lahan garapan di bidang pertanian dan masih banyak lagi masalah–masalah sosial lainnya.


. Lay out Produk Anyaman Bambu sebelum PKM--

Salah satu sumber daya yang bisa dikelola dan dijadikan sumber daya dan pendapatan masyarakat, pada Desa Bunga Tanjung Kecamatan Tanah Cogok adalah Anyaman Bambu, dikarenakan pada daerah ini merupakan sentra dari tanaman bambu.


Lay out Produk Anyaman Bambu Setelah PKM--

Salah satu UMKM yang menjadi mitra pada PKMS ini adalah Usaha Usaha Setia Anyaman Bambu. Pemilik dari Usaha Setia Anyaman Bambu ini adalah Dahliar.

"Usaha mitra telah didirikan sudah berpuluh-puluh tahun, telah berdiri 42 tahun adalah dari tahun 1980. Saat ini berjalan di wilayah Kerinci dan sudah sangat terkenal luas di masyarakat Kabupaten Kerinci," kata Dahliar kemarin (17/11).


Tim PKM skim Program Kemitraan masyarakat Stimulus (PKMS)--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: