Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Lawan Covid-19

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Lawan Covid-19

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDDinas Kesehatan Provinsi Jambi Bidang Kesehatan Masyarakat seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat mensosialisasikan dan mengajak masyarakat mendukung Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat (Germas) Lawan Covid-19.

Pihak Dinkes menyampaikan Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruhg komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.  

Germas lawan Covid-19 seperti peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat. Lalu penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi. Peningkatan pencegahan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi hidup sehat.

Melakukan aktifitas fisik adalah gerakan tubuh yang melibatkan otot rangka dan mengakibatkan pengeluaran energy. Aktifitas fisik dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lakukanlah paling sedikit 30 menit setiap hari. “Batasilah kegiatan banyak duduk seperti menonton televise, main game dan komputer. Apalagi ditambah dengan makan-makanan kudapan yang manis, asin dan berminya,” sampai pesan promosi kesehatan ini.

Tak lupa juga ajakan mengonsumsi sayur dan buah. Sajikanlah sayur dan buah dalam menu sehari-hari baik untuk di rumah, ditempat kerja ke sekolah. “Manfaatkanlah buah dan sayur lokal yang tersedia dipasar setempat. Batasi makanan yang mengandung gula, garam dan minyak serta perbanyak minum air putih. Cucilah tangan sebelum makan,” sampainya.

Serta Dinkes mengajak memeriksa kesehatan secara berkala. Agar kesehatan terjaga periksalah secara rutin, yaitu tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol darah, ukuran lingkar perut dan darah lengkap di laboratorium. “Pemeriksaan juga dapat dilakukan di Puskesmas, Posyandu atau Posbindu. Untuk perempuan lakukan deteksi dini kanker leher rahim di fasilitas kesehatan,”. (aba/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: