Rektor UNJA Prof. Sutrisno Terpilih Sebagai Ketua HKI Wilayah Jambi

Rektor UNJA Prof. Sutrisno Terpilih Sebagai Ketua HKI Wilayah Jambi

Rektor UNJA Prof. Sutrisno--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. terpilih menjadi Ketua Himpunan Kimia Indonesia Cabang Jambi, Deklarasi pembentukan HKI Wilayah Sumatera yang dilaksanakan pada acara Peluncuran HKI Wilayah Sumatera, Jumat (28/10/22) secara virtual zoom.

Ketua HKI Pusat, Prof. Hamzah Fansuri mengapresiasi pembentukan HKI Wilayah Sumatera yang berlangsung pada hari ini. “Kami mengapresiasi deklarasi HKI wilayah Sumatera untuk bergabung untuk membentuk konsorsium HKI wilayah Sumatera ini merupakan terobosan bagi HKI untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujar Prof. Hamzah Fansuri.

 

Selain itu, pada dekralasi ini terpilih koordinator HKI Wilayah Sumatera, Dr. Muliadi Ramli yang merupakan Ketua HKI Cabang Aceh. Dalam sambutannya Muliadi Ramli mengaku komitmen dari HKI Wilayah Barat.

 

Adapun komitmen yang disampiakan yaitu pertama, membangun sinergi dan kerja sama antar-HKI Cabang se-Sumatera dalam pengembangan peran Ilmu Kimia dan kimiawan Sumatera untuk kemajuan Sumatera. Kedua, melakukan usaha bersama untuk memberi nilai tambah pada sumber daya alam Sumatera lewat keahlian Kimia dan yang berkaitan. Ketiga, bekerja sama dengan komunitas yang lebih luas di Indonesia, khususnya yang memiliki komitmen yang beririsan, antara lain dengan Konsorsium Pengembangan Sains Material dan himpunan keilmuan bidang lainnya. 

 

Selanjutnyan keempat, Muliadi Ramli mengaku berkomitmen membangun kerja sama baru dengan kalangan yang lebih luas, termasuk kerja samaluar negeri melalui HKI, untuk penguatan peran kimia dan kimiawan di Indonesia. Kelima, bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait, menciptakan sistem informasi bersama yang bisa mendorong sinergi, kerja sama, dan resource sharing, dan keenam mendorong dibentuknya konsorsium bersama universitas, pusat penelitian, dan lembaga teknis daerah, seperti Balitbangda, untuk memperluas sinergi dan kerja sama. “Target khususnya yaitu HKI Wilayah Sumatera menjadi salah satu pendiri Consortium on Natural Resources in Sumatera,” terang Dr. Muliadi Ramli.

 

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut yaitu Ketua HKI Wilayah Sumatera yaitu Dr. Muliadi Ramli, Ketua HKI Cabang Aceh Prof. Harry Agusnar, Ketua HKI Cabang Sumatera Utara, Dr. Mawardi, Ketua HKI Cabang Sumatera Barat, Prof. Jimmi Copriady, Ketua HKI Cabang Riau dan Kepulauan Riau, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D Ketua HKI Cabang Jambi, Dr. Charles Banon, Ketua HKI Cabang Bengkulu, Dr. Hasanudin, Ketua HKI Cabang Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, dan Dr. Agung Abadi Kiswandono Ketua HKI Cabang Lampung. (*/kar)

www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: