Inovasi Slaim yang Dihasilkan Prodi Farmasi FKIK-Unja

Inovasi Slaim yang Dihasilkan Prodi Farmasi FKIK-Unja

Inovasi Slaim yang dihasilkan mahasiswa Prodi Farmasi FKIK-Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Slaim merupakan suatu produk inovasi bidang ekonomi kreatif berbasiskan komoditas lokal di Provinsi Jambi berupa pinang dan kelapa. Anggota Tim Slaim yakni Elmira Fathiyyah Zahra, Nurlatifa Ismail, Ardita Wulandari dan Arifa Maftuhah, yang merupakan mahasiswi Prodi Farmasi FKIK-Unja. Nurlatifa Ismail mewakili anggota tim mengatakan, Slaim mengolah biji pinang yang memiliki khasiat sebagai antiseptik, menjadi suatu produk inovasi baru dalam memanfaatkan biji pinang, sedangkan kelapa yang dijadikan minyak (VCO) sebagai bahan pelembap alami.

"Slaim menjadi perwakilan Universitas Jambi (Unja, red) dalam kegiatan Program Pembinaan Mahasiawa Wirausaha (P2MW, red) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," kata Nurlatifa Ismail Kamis (13/10).

Dikatakannya, P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha, melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

"Dimana terdapat beberapa katagori usaha seperti makanan dan minuman, Produksi atau Budidaya dan Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata," jelasnya.

Seleksi Kegiatan  P2MW 2022 yang dimulaidari tanggal 15 Juni – 6 Juli 2022, dan didapatkan 316 perguruan tinggi dan 888 kelompok mahasiswa yang telah lolos seleksi bantuan pengembangan wirausaha P2MW 2022.

"Dimana Universitas Jambi dapat lolos selesti tingkat nasional sebanyak 6 tim dari seluruh Indonesia," terangnya.

Sebelumnya Slaim telah mendapatkan dana bantuan Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) pada tahun 2021. PMW merupakan program bantuan wirausaha dalam tingkat Universitas. 

"Produk  Slaim merupakan produk inovatif baru berbahan alami, dan menjadi inovasi baru dalam upaya pencegahan Covid-19, yang memudahkan pemakaian sabun atau disebut “sabun portable” yang bisa dibawa kemana saja dengan mudah," urainya.

Sehingga dengan adanya Slaim memberikan kehigenisan dibandingkan penggunaan sabun di tempat umum.

Cara penggunaan Slaim yang praktis menjadi nilai unggul produk sabun ini.

"Penggunaannya dimulai dengan membasuh tangan menggunakan air dan ambil satu lembar sabun Slaim, Gosok ditangan hingga berbusa dan dibilas hingga bersih," ujarnya.

"Kami juga mengungkapkan rasa syukur, karena menjadi salah satu  tim yang bisa berhasil mewakili Unja di P2MW 2022," tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: