Pengabdian kepada Masyarakat Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi

Pengabdian kepada Masyarakat Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi

Pengabmas Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Unja--

Peningkatan Kapasitas Staff P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dalam Membuat Peta Sebaran Penyakit

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tim dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi, kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kali ini berupa pelatihan teknis terkait peningkatan kapasitas membuat peta sebaran penyakit menggunakan aplikasi QGIS (Quantum Geographic Information System). Pelatihan ini sendiri dilaksanakan selama dua kali yakni pada hari Jumat (23/09) dan Kamis (06/10), bertempat di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Muhammad Syukri selaku Koordinator Kegiatan mengungkapkan, bahwa kegiatan ini  merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan institusi kesehatan dalam memanfaatkan teknologi informasi, dalam upaya menyongsong perkembangan dunia yang semakin canggih dan serba digital,” papar Muhammad Syukri.


Pelatihan teknis peningkatan kapasitas membuat peta sebaran penyakit menggunakan aplikasi QGIS--

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi¸ dr.MHD.Ferry Kusnadi,Sp.OG yang diwaliki Sekretaris Dinas Raflizar, SKM. M. Kes, menyambut positif atas kegiatan dimaksud serta terus mendukung gerakan inovasi di bidang kesehatan di antaranya melalui penyajian informasi kesehatan yang akurat, transparan dan informatif. Kemajuan dalam hal informasi seperti pada penyajian data angka kematian ibu dan bayi, permasalahan gizi di berbagai daerah perlu didukung dengan metode pemetaan yang sistematis dan komprehensif sebagai bahan perumusan kebijakan yang berbasis bukti atau evidence based.

“Sehingga dapat menghasilkan solusi yang efektif dalam program pemerintah ke depannya, dan mempermudah dalam melakukan monitoring dan evaluasi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi¸ dr.MHD.Ferry Kusnadi,Sp.OG yang diwaliki Sekretaris Dinas Raflizar, SKM. M. Kes.


Kegiatan diiikuti dosen, mahasiswa staf bidang P2P Dinkes Provinsi Jambi--

Pelaksanaan pelatihan aplikasi QGIS secara intensif dengan metode tatap muka ini, diharapkan dapat memaksimalkan kemampuan para pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Jambi bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dalam merumuskan dan menyajikan informasi kesehatan dan langsung dapat mengimplememtasikan dalam bidang tugasnya. Peserta pelatihan ini meliputi Staf Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dengan panitia dosen yang juga dibantu oleh mahasiswa. Pemateri kegiatan yakni Dinda Nabila S.D., S.K.M dan Maulidya mengawali Pengantar QGIS berupa Filter dan Dissolve yang diikuti dengan praktik secara langsung oleh masing-masing peserta pelatihan. Kegiatan dimulai pukul 08.00-16.00 WIB, diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta. Serangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan menarik karena peserta dan pemateri sangat interaktif. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: