SUZUKI

Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Berbasis Digital Marketing Bagi Wirausaha Muda Perempuan

 Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Berbasis Digital Marketing Bagi Wirausaha Muda Perempuan

Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Berbasis Digital Marketing Bagi Wirausaha Muda Perempuan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Perkembangan dunia kewirausahaan di Indonesia tidak terlepan dari peran besar perempuan. Dengan sifat, karakteristik  dan keuletannya,  perempuan dapat  turut serta memajukan perekonomian negara bahkan hingga ke mancanegara.

Universitas Jambi melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) senantiasa melaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat produktif maupun non produktif. Tim  PPM Universitas Jambi yang terdiri dari Dr. Ade Octavia, S.E., M.M, Ade Titi Nifita, S.E., M.M, Yayuk Sriayudha, S.P., M.M, Ade Perdana Siregar, S.E., M.M, Garry Yuesa Rosyid, S.E., M.M melaksanakan kegiatan pelatihan di bidang Strategi Pemasaran Berbasis Digital, dengan sumber dana PNBP Universitas Jambi.


Peserta--

Mitra dalam kegiatan PPM ini adalah wirausaha muda perempuan dan bekerjasama dengan IWAPI Muda Provinsi Jambi yang merupakan salah satu organisasi yang bertujuan sebagai wadah inovasi bagi wirausaha muda perempuan untuk mengembangkan diri sebagai wirausaha tangguh. Berdasarkan analisis situasi permasalahan utama yang dihadapi mitra saat ini adalah pada aspek pemasaran dan aspek manajemen usaha.

Aspek pemasaran meliputi rendahnya daya saing dan kinerja bisnis karena kurangnya inovasi, branding yang belum kuat, positioning yang belum kuat dan belum optimalnya pemanfaatan internet dalam pemasaran. Sementara aspek manajemen usaha meliputi manajemen usaha yang belum professional, belum dimilikinya ijin usaha/PIRT dan sertifikasi halal, pelaporan keuangan yang konvensional. Ketua PPM, Dr. Ade Octavia,S.E., M.M menyatakan bahwa melalui kegiatan ini akan diberikan beberapan solusi penyelesaian masalah yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja bisnis.


Foto bersama--

Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui kegiatan pelatihan, dengan target capaian yang terukur. Mitra sangat antusias mengikuti kegiatan terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pemahaman peserta terlihat dari pertanyaan yang diajukan narasumber. Dalam kegiatan ini beberapa narasumber terlibat antara lain Harlina Fahri, S.H (ketua DPD IWAPI Provinsi Jambi) dan Daumi Rahmatika,S.E., M.M ( Ketua DWP Universitas Jambi) serta seluruh tim. 

Peserta terdiri dari IWAPI Muda dan wirausaha perempuan muda. Selain melakukan pelatihan pada tanggal 20 Juli 2022 yang dilaksanakan di Aula LPPM Universitas Jambi, dilakukan pula pendampingan usaha. Diharapkan setelah pelatihan peserta akan mengimplementasikan hasil pelatihan pada usaha masing-masing dan tim PPM akan melakukan pendampingan usaha. Sebagai aspek monitoring, tim PPM melakukan kunjungan ke mitra untuk melihat progress  dari pelatihan yang sudah diberikan.  (*)

 

Sumber: