Mantan Wartawan Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi FEB Universitas Jambi

Mantan Wartawan Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi FEB Universitas Jambi

Yuliana saat menyampaikan hasil disertasi. Foto : Yosi/Jambi Ekspres--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Yuliana, mantan wartawan Jambi Ekspres yang saat ini berprofesi sebagai dosen dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Tebo, berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB – Unja). 

Yuliana mengangkat disertasi berjudul Analisis Disparitas Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi  Antar Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi (Kajian Khusus Keterkaitannya dengan Intensitas Konflik). 

 

Dikonfirmasi usai ujian  Promosi Doktor Ekonomi FEB – Unja dia mengatakan, dirinya yang juga merupakan aktifis sosial dan kerap melakukan turun lapangan, jadi telah memahami keluhan masyarakat.

 


Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, para Co Promotor dan para Penguji--

 

“Banyak sekali terjadi konflik sosial di masyarakat, khususnya konflik yang berkaitan dengan konflik lahan dan konflik sumber daya alam. Oleh sebab itu saya tertarik untuk meneliti dan mengambil judul disertasi yang berkaitan dengan intensitas konflik sosial” kata Yuliana kemarin (22/9).

 

Untuk konflik lahan, di Jambi terdapat perusahaan besar, khususnya perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan tanaman industri yang berkonflik dengan masyarakat dan Suku anak dalam. Terjadinya konflik lahan di Provinsi Jambi sudah sejak puluhan tahun, bahkan ada yang belum terselesaikan hingga saat ini. 

 

Sebanarnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah melakukan upaya-upaya dan mengambil kebijakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Namun dilapangan terjadi perbedaan fakta dan data dan Kondisi geografis daerah-daerah di Provinsi Jambi pun berbeda-beda.

 

“Konflik lahan di kabupaten/kota juga berbeda intensitasnya, apalagi sekarang ditambah dengan konflik sumber daya alam, pertambangan batubara, PETI dan konflik sosial lain,” jelasnya.

 

Sementara, Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar  FE - SDM Unand Prof. Dr. H. Elfindri, S.E.,M.E mengatakan, penajaman disertasi yang dilakukan promovenda, sehingga hasil dari hubungan konflik dan pemerataan yang sudah sangat mengkhawatirkan.

 

“Misal ketimpangan pendapatan masih kurang layak di Indonesia, sementara potensi konflik meningkat, sehingga sejalan. Disertasi ini mencoba untuk memperbaiki bagaimana konflik bisa lebih diperkecil melalui perbaikan keadilan,” ujar Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar  FE - SDM Unand Prof. Dr. H. Elfindri, S.E.,M.E.

 

Promotor Prof. Dr. H. Haryadi, S.E.,M.MS mengatakan, Yuliana merupakan salah satu mahasiswa bimbingannya. Hasil disertasi Yuliana sangat luar biasa bagus, yang mencoba untuk meneliti tentang pengaruh dari pertumbuhan ekonomi terhadap konflik.

 


Foto bersama Yuliana dan keluarga, Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, para Co Promotor dan para Penguji--

 

“Ternyata pertumbuhan ekonomi itu justru menimbulkan konfilk, ketika pertumbuhan ekonomi tidak diikuti pemerataan. Pertuumbuhan ekonomi yang dibarengi dengan disparitas, maka memunculkan konflik. Temuan promovenda adalah bagaimana konflik itu bisa diturunkan, kalau bisa dihapuskan. 

 

Caranya bagus, promovenda merekomendasikan kepada Pemprov Jambi caranya untuk menurunkan konflik, maka ketimpangan harus diminimalisir. Kalau sudah merasa sejahtera konflik bisa dengan sendirinya berkurang. Selamat kepada Yuliana atas disertasinya  yang telah disajikan kepada kami,” tandas Promotor Prof. Dr. H. Haryadi, S.E.,M.MS.

 

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB – Unja, bertindak Ketua Sidang yang juga Dekan FEB - Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si, Sekretaris yang juga Ka. Prodi Doktor Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Unja Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.S, Co Promotor Dr. H. Zamzami, S.E.,M.Si, Co Promotor Dr. H. Syaparuddin, S.E.,M.Si, Penguji Prof. Dr. H.M Rachmad R, S.E.,MS, Penguji Dr. Siti Hodijah, S.E.,M.Si. Selain dihadiri keluarga besar, Ujian Promosi doktor Ekonomi ini juga dihadiri langsung Rektor Institut Agama Islam Tebo, Dr. Nurhuda, S.Pd, M.Pd, Dekan Faklutas Hukum Unja Dr. Helmi, S.H.,M.H dan rekan seprofesi. (yos)



Sumber: