Terungkap, Puntung Rokok Jadi Penyebab Tabrakan Maut Tol Pejagan Pemalang

Terungkap, Puntung Rokok Jadi Penyebab Tabrakan Maut Tol Pejagan Pemalang

Tetap jaga jarak aman saat berkendara di jalan tol guna menjaga keselamatan dan terhindar dari kecelakaan beruntun-foto: Radar Cirebon-

BREBES, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tabrakan beruntun yang terjadi di Tol Pejagan Pemalang, Minggu, 19 September 2022 diduga terjadi karena pandangan sopir terhalang oleh asap tebal.

Asap ini setelah diinvestigasi ternyata berasal dari terbakarnya lahan persawahan kering di sisi jalan tol.

 

Sebuah video memperlihatkan saat kejadian, asap dari sisi jalan tol masih tebal dan terlihat jejak kebakaran tanaman yang sudah menghitam akibat kebakaran tersebut. 

 

Dari penyelidikan yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Brebes, kebakaran lahan itu ternyata bersumber dari puntung rokok.

 

Hasil investigasi Damkar Brebes, puntung rokok itu dibuang oleh pengendara lain secara sembarangan dan jatuh ke arah parit kering di sebelah kiri bahu jalan tol.

 

Puntung rokok tersebut menyebabkan lahan terbakar dan menimbulkan asap pekat yang mengganggu pandangan pengendara di Jalur Utara arah Semarang.

 

Lokasi kebakaran berada di KM 253 Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

 

Saat mendapatkan laporan kebakaran, petugas Damkar langsung menuju lokasi dan ternyata di kawasan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas tabrakan beruntun. 

 

Para korban kemudian dievakuasi ke dua lokasi rujukan korban yaitu RS Bakti Asih dan RS Mutiara Bunda.

 

Anggota Damkar Pos Tanjung dan Pos Induk melakukan pemadaman dan pendinginan, serta pengecekan agar titik api tidak kembali muncul dan mengganggu visibilitas pengendara.

 

Damkar Brebes menerima informasi kebakaran lahan sekitar pukul 14.08 WIB, atau beberapa menit sebelum terjadi kecelakaan di Tol Pejagan sekitar pukul 14.15 WIB.

 

Akibat kecelakaan tersebut, sebanyak 13 kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Pejagan Pemalang memakan korban 19 orang luka, serta 1 meninggal dunia Dilansir dari www.radarcirebon.com kecelakaan beruntun di Tol Pejagan Pemalang, menyebabkan 19 orang mengalami luka-luka dan 1 orang meninggal dunia.

 

Kecelakaan tabrakan beruntun di Km 253 Tol Pejagan Pemalang dipicu oleh asap tebal, akibat kebakaran lahan di pinggir jalan tol.

 

Berikut data kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan: Toyota Fortuner H 1236 IP, Toyota Avanza B 1674 EVM, Toyota Avanza H 8538 YP, Honda Civic AG 1870 ME.

 

Berikutnya, Mitsubishi Xpander AB 1125 UP, Toyota Inova G 9133 QC, Suzuki Ertiga B 1781 DS, Daihatsu Calya B 1466 UIK, Truk boks B 9076 UCG, Daihatsu Xenia B 1301 BK, Mitsubishi Xpander H 8538 YP, Chevrolet Spin D 1782 X, Toyota Inova B 1674 EVM. (disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: