Mendagri Bakal ke Jambi, Gelar Rakor Tekan Inflasi

Mendagri Bakal ke Jambi, Gelar Rakor Tekan Inflasi

Tito K--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada 27 Agustus mendatang akan mengunjungi provinsi Jambi.

Kunjungan ke Jambi itu  untuk menggelar rapat koordinasi (rakor) guna menekan angka inflasi di Jambi yang cukup tinggi mencapai 8,55 persen. 

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani  mengatakan, kedatangan Mendagri selain kunjungan kerja juga menggelar rapat bersama pemerintah provinsi Jambi dan pihak terkait dalam rangka menekan angka inflasi. Karena Jambi merupakan Provinsi tertinggi inflasinya.

Dalam menekan angka inflasi, pemerintah provinsi Jambi sedang menunggu petunjuk dan langkah apa yang harus diambil pemerintah provinsi sesuai arahan pusat. 

"Upaya ini sebagai bentuk singkronisasi antara daerah dan pusat untuk mengetahui apa tugas pusat dan daerah dalam menekan inflasi di Jambi," kata Abdullah Sani. 

Langkah kongkritnya, dengan melakukan operasi pasar untuk komoditi utama bahan pokok di Jambi

"Berharap dalam dua bulan ini angka inflasi di Jambi sudah bisa ditekan dan menurun dari angka yang ada saat ini 8,55 persen," kata Abdullah Sani. 

Jika dilihat dari indikasi di dua daerah, yakni, Kota Jambi dan Bungo, sudah ada penurunan angka inflasi, namun, belum resmi, karena belum dikeluarkan oleh BPS sebagai instansi yang menghitung angka inflasi tersebut. 

"Upaya antisipasi yang dilakukan pemerintah provinsi Jambi saat ini menunggu instruksi pusat untuk membantu dana bagi warga miskin dengan menggunakan anggaran yang ada di daerah dan pusat," tegasnya.

Ditambahkan Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jambi Johansyah, dalam rapat tersebut pemerintah provinsi sedang menyiapkan beberapa langkah strategis untuk menekan laju inflasi.

"Pemprov Jambi menargetkan pada akhir Agustus nanti angka Inflasi Jambi dibawah delapan persen," tegasnya.

Pemerintah Provinsi Jambi bersama tim TPID sudah melakukan rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi secara virtual bersama Mendagri, Selasa, 23 Agustus 2022. Rapat ini diikuti langsung Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

"Langkah nyata kita sudah melakukan operasi pasar di Muaro Jambi pada Minggu kemarin, kemudian di beberapa titik seperti pasar Angso Duo juga sudah menjadi titik operasi pasar kita," kata Johansyah.

Pemprov Jambi dengan sejumlah upaya yang dilakukan menargetkan bahwa inflasi di Provinsi Jambi dapat turun pada akhir bulan Ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: