Hari Pertama Sekolah Wara-wiri Pelajar dan Mak-mak yang Tak Pakai Helem

Hari Pertama Sekolah Wara-wiri Pelajar dan Mak-mak yang Tak Pakai Helem

Terlihat siswa di SMAN 5 Kota Jambi pada hari pertama sekolah terkurung di luar pagar karena telat--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hari pertama sekolah, Senin (18/7) kondisi jalan raya di Kota Jambi terbilang sangat padat. 

Setelah hampir tiga tahun, ini adalah hari pertama sekolah fullday yang dihadiri semua kelas tanpa sistem shift lagi. 

 

Wajah-wajah semangat dan sumringah terpancar dari setiap wajah. 

 

Menariknya,  pantauan Jambi Ekspres di hari pertama sekolah ini jalur jalan raya kota ikut diwarnai oleh oknum pengendara yang tak menggunakan helm. 

 

Mereka ada yang pelajar dan juga orangtua yang mengantarkan anaknya ke sekolah. 

 

Di beberapa titik terlihat petugas kepolisian kerepotan memberhentikan pelanggar lalu lintas ini. 

 

Tentu saja tak pake helm adalah tindakan yang berbahaya.

 

Empat fungsi helm dikutip dari orapada.com

Melindungi Kepala

Fungsi utama helm bagi pengendara motor yang pasti adalah untuk melindungi kepala apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Ya, tentu tidak ada yang ingin hal buruk terjadi ketika kita sedang berkendara, yang kita dapat lakukan adalah mencegah dan meminimalisir risiko. Menggunakan helm juga berfungsi untuk meminimalisir benturan yang terjadi pada area kepala dari resiko yang fatal.

Tidak hanya melindungi bagian vital kepala, helm juga digunakan untuk melindungi bagian rahang dan wajah. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan helm yang sesuai standar. Baik itu dari bentuk maupun material helm yang digunakan. Mengingat, saat ini juga ada helm kustom yang disesuaikan dengan model yang pemesan inginkan. Namun, jangan sampai mengesampingkan standar helm untuk berkendara.

Selain untuk meminimalisir risiko apabila terjadinya kecelakaan, helm juga berfungsi melindungi kepala dari terik sinar matahari. Terpapar sinar matahari secara langsung dan sering dapat menimbulkan risiko terkena kanker kulit, kulit kepala berketombe, kerusakan rambut dan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, akan sangat tidak nyaman berkendara sepeda motor dibawah teriknya sinar matahari, terlebih tanpa menggunakan helm.

Fungsi helm tidak hanya untuk melindungi apabila terjadi kecelakaan, namun juga untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala pengendara sepeda motor.

Melindungi Pandangan

Fungsi helm yang lainnya yaitu melindungi mata saat berkendara. Ya,hal inilah yang membuat kaca pada helm juga sangat penting. Masih banyak pengendara yang melepas kaca helm mereka, agar terlihat lebih keren.

Helm juga berfungsi melindungi mata dari silaunya sinar matahari, debu dan kotoran yang pastinya bisa mengganggu pandangan saat berkendara, sehingga berpotensi terjadinya hal yang tidak diinginkan, terlebih lagi bisa membuat sakit mata. Ketika berada di perjalanan pastinya banyak menemukan debu dan kotoran yang berterbangan. Dengan menggunakan helm, gangguan yang terjadi seperti ini dapat teratasi. Tetap gunakan helm dengan bagian kacanya yang terpasang supaya dapat melindungi pandangan mata. Selain melindungi dari panas matahari, helm juga berfungsi melindungi pada saat cuaca sedang hujan.

Terhindar Dari Penilangan

Mengingat penggunaan helm telah diatur dalam peraturan resmi, maka dengan menggunakan helm kalian juga dapat terhibdar dari penilangan akibat melanggar peraturan lalu lintas. Ya, seperti yang telah disebutkan diawal bahwa kewajiban menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara sepeda motor diatur dalam Undang-Undang dengan Pasal 57 ayat 1 jo ayat 2 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”).

Maka perlu diperhatikan, selalu gunakan helm yang sudah memenuhi standar SNI. Sebab, tilang masih akan berlaku bagi kalian yang sudah menggunakan helm namun tidak sesuai dengan stndar. Sntandar ini diberlakukan agar helm benar- benar dapat menjadi pelindung pagi bagin vital kepala kalian apabila terjadi kecelakaan. Gunakan pula helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kalian. Sehingga, helm tidak akan terlepas saat terjadi hal- hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Penunjang penampilan Saat Berkendara

Helm merupakan alat yang wajib digunakan ketika berkendara. Sebab, penggunaan helm sendiri sudah menjadi peraturan yang perlu dipatuhi bagi semua pengguna kendaraan bermotor. Ya, saat ini helm juga menjadi trend fashion saat berkendara. Dimana, helm di desain tidak hanya sesuai standar dalam kemanan berkendara. Namun, juga helm didesain agar menarik dan trelihat keren saat digunakan untuk berkendara. Saat ini sudah banyak desain helm yang menarik dan tentunya sangat modis terutama pada kaula muda. Selain untuk safety riding, pastinya helm juga dapat menunjang penampilan para bikers yang didukung dengan motor yang keren juga.

Itulah empat fungsi helm yang harus diketahui sehingga, tidak ada yang menyepelekan fungsi helm. Ya, biasanya perjalanan yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh menjadi alasan bagi para pengendara untuk tidak memakai helm.

Padahal jarak tempuh dekat maupun jauh tetap saja berbahaya jika mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm. Hal tersebut karena jika terjadi benturan keras, maka kepala tidak terlindungi.

Satu lagi, gunakanlah helm ber SNI dengan ciri ada logo SNI. Helm ini biasanya memiliki desain dan terbuat dari bahan yang mengacu pada ketentuan aman berkendara. Tunggu apalagi, Ayo semangat ke sekolah, selamat pergi dan sehat kembali ke rumah siang nanti. (dpc)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: