Penentu Kelulusan PPPK 2022 untuk Pelamar Umum dan Prioritas Berbeda

Penentu Kelulusan PPPK 2022 untuk Pelamar Umum dan Prioritas Berbeda

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Penentu kelulusan PPPK 2022 bagi pelamar prioritas tidak sama dengan pelamar umum. Sebab, mekanisme seleksinya berbeda.

Mekanisme seleksi pelamar prioritas PPPK Guru 2022 dibagi menjadi dua, yakni penempatan untuk pelamar prioritas 1 dan seleksi kesesuaian atau verifikasi untuk pelamar prioritas 2 dan prioritas 3.

Penentu kelulusan PPPK 2022 bagi pelamar prioritas 1 hanya pada ketersediaan formasi. Sepanjang formasi tersedia, maka semua pelamar prioritas 1 dinyatakan lulus tanpa harus mengikuti tes.

Pelamar prioritas 1 adalah guru honorer THK-II, guru non ASN, guru lulusan PPG, dan guru swasta yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK Guru 2021.

Sementara pelamar prioritas 2 adalah guru honorer eks kategori II atau THK-II. Sedangkan pelamar prioritas 3 adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling kurang 3 tahun.

Mekanisme seleksi pelamar prioritas 2 dan prioritas 3 sama, yakni seleksi kesesuaian atau verifikasi.

Seleksi kesesuaian atau verifikasi dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik pelamar, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).

Hasil seleksi kesesuaian atau verifikasi dirangking untuk menentukan urutan kelulusan dan penempatan peserta.

Penentu kelulusan pelamar prioritas 2 dan 3 adalah ketersediaan formasi. Sepanjang formasi tersedia, pelamar prioritas 2 dan 3 dinyatakan lulus.

Kendati demikian, pelamar priortas 2 akan lebih didahulukan. Jika terdapat sisa formasi dari pelamar prioritas 2, akan diberikan kepada pelamar prioritas 3.

 

Penentu Kelulusan Pelamar Umum

Pelamar umum PPPK 2022 wajib mengikuti pendaftaran PPPK 2022 dan seluruh rangkaian seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi.

Pelamar umum yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti serangkaian tes, seperti tes kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, dan tes wawancara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: