Pernah Gagal Lalu Bangkit Lagi Mendulang Prestasi

Pernah Gagal Lalu Bangkit Lagi Mendulang Prestasi

Elvina Jessica--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Elvina Jessica adalah seorang pelajar aktif di SMA Yadika Kota Jambi yang lahir sebagai anak kedua di keluarga yang harmonis. Orang tuanya saat ini berprofesi sebagai wiraswasta yang sangat menyayangi dan mendahulukan segala sesuatu yang terbaik untuk anak-anaknya. Sejak kecil ia diajarkan untuk selalu jujur dan melakukan segala sesuatu semaksimal mungkin agar mendapatkan yang terbaik. 

 

Pada masa awal pandemi yaitu tahun 2020 bulan September, cewek penyuka cheesecake ini tertarik mengikuti dunia permodelan yang dimana para remaja-remaja dapat menunjukkan bakat dan kemampuannya. Perempuan yang tergolong tinggi ini menyalurkan hal-hal yang disukainya dan bergabung dengan Rainbow Management. Elvina giat berlatih, apapun itu yang diajarkan saat pembelajaran berlangsung akan dipelajari kembali saat ia pulang. 

 

Tetapi satu kekurangannya, ia memiliki kelemahan pada kakinya yang tak begitu kuat. Pada suatu hari saat Elvina berlatih catwalk di rumah nya dengan sepatu heels 17cm, ia terjatuh sehingga tak bisa berjalan menggunakan heels dengan baik. Meskipun begitu, ia tetap berlatih menggunakan heels saat di sanggar Rainbow. Melihat kemajuan yang sangat minim dalam catwalk karena kekurangannya, ia memutuskan untuk berhenti dari Rainbow Management karena latihan di sanggar juga membutuhkan biaya dan sebagai pelajar Elvina juga harus fokus dalam pembelajarannya di sekolah serta giat belajar agar dapat meraih prestasi. 

 

Akhirnya, Elvina Jessica mendapatkan juara umum 1 di sekolahnya. Ia merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang selalu menguatkannya, orang-orang terdekat yang selalu mendukung, dan guru-guru yang selalu membimbing serta memberi masukan-masukan yang sangat penting dalam perkembangan siswi ini. 

 

Berbagai prestasi pun diraih Elvina, diantaranya Peringkat 1 Speech Contest dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-76 SMA YADIKA JAMBI 2021. Pemenang Lomba Video Tiktok Terkreatif dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-76 SMA YADIKA JAMBI 2021. Juara Umum 1 Semester Ganjil SMA YADIKA JAMBI Tahun Pelajaran 2021/2022. Peringkat 1 Lomba Drumband Tingkat Kota Jambi 2018. Menyelesaikan Program Pendidikan Komputer Diginusa 2017-2018. Juara 3 Lomba Menghafalkan Teks Sumpah Pemuda Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Kota Jambi 2020.  Peraih Medali Perak Insight Arjuna Competition Bidang Ekonomi tahun 2021. Juara 3 Melukis Kanvas Dalam Rangka Pentas Seni Kota Jambi 2020. Juara Umum 1 Semester Genap SMA YADIKA JAMBI Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Walaupun telah menjadi pelajar berprestasi di sekolah, ia tetap tekun berlatih modelling dan akan terus mengejar sebuah kesuksesan besar di bidang entertaiment. Elvina percaya, dengan pertolongan Tuhan segala mimpi yang dikejar dengan usaha dan keinginan kuat pasti tercapai.

 

Banyak orang yang bermimpi tinggi namun tidak kunjung melakukan upaya untuk mencapainya, ada yang pantang menyerah untuk terus berusaha, dan bahkan ada yang sudah malas duluan sebelum mencoba. Siapa sih yang ga pernah dengar kata “malas” atau ga pernah ngerasain rasa malas? Pasti semua dari kita pernah ngerasain kan, yang dari awalnya berambisi dan diakhiri dengan kehilahan antusias.

 

"Tetapi dengan masalah dan kekurangan yang dimiliki, sudut pandang serta cara pikir kita diuji. Bagaimana kita memanfaatkan kelebihan-kelebihan dan memandang situasi sebagai hal positif yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah." kata Elvina.

 

Sebagian orang menyerah karena banyak alasan. Tetapi ada yang tak ia sadari, dalam pengambilan keputusan untuk menyerah selalu ada peran sebuah rasa malas atau merasa tak mampu untuk melakukan hal tersebut. 

 

Sehingga banyak orang yang berhenti di tengah jalan, lanjut Elvina. Padahal mungkin saja garis finish sudah sangat dekat di depannya atau suatu hal besar sedang menunggunya. Mengapa kata menyerah itu datang ketika tinggal beberapa langkah mencapai kesuksesan? Karena diri kita merasa tak percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki. 

 

Seringkali kita berkata, “Ah, aku gak bisa kalo lakuin hal ini. Aku gak pede” atau “Ngga lah, mager”. Sehingga tak jarang kita kehilangan banyak kesempatan yang datang untuk membawa kita menjadi lebih baik ke depannya. Andaikan kita berkata “Wah, saya akan mencoba. Aku percaya dengan kemampuanku” lanjutnya lagi.

 

Ada harapan yang timbul dalam diri kita dan setidaknya kita mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman. Percayalah usaha tidak menghianati hasil. Walau terkadang hasil tak sesuai apa yang kita harapkan, tetapi kita harus menikmati prosesnya. Pengalaman dan pengetahuan akan semakin bertambah jika kita mencoba.


Jadilah pekerja keras dan juga pekerja cerdas, tetapkan target kita dan raih itu sampai ke garis finish. Dengan bimbingan Tuhan, keinginan yang kuat, dan usaha yang kita lakukan, apapun yang kita kejar akan didapatkan sampai garis finish. Kesuksesan akan diraih oleh orang-orang yang tekun dan pantang menyerah. Ingat! Jangan menyerah karena itu selamanya tak akan menjadi pilihan. Capai garis finish dengan sebuah kebanggaan dan motivasi untuk orang banyak. Good luck. (elvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: