Menpan RB Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata, Mensesneg Pratikno Jadi Inspektur Upacara

 Menpan RB Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata, Mensesneg Pratikno Jadi Inspektur Upacara

JAKARTA, JAMBIEKSPRES. CO.ID — Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7). Para keluarga dan kerabat serta kader PDI Perjuangan tampak hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang menjadi inspektur upacara menyatakan, pihaknya menghantarkan jenazah almarhum Tjahjo Kumolo ke pangkuan ibu pertiwi. Menurut Pratikno, Tjahjo meninggal dunia karena sakit saat menjabat sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Tjahjo Kumolo jabatan Menpan RB RI, yang telah meninggal dunia karena kepentingan bangsa,” kata Pratikno.

Tjahjo Kumolo menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 11.01 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Pratikno mendoakan, agar amal baik Tjahjo Kumolo semasa hidup diterima Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga dharma bhakti yang ditempuhnya, arwahnya mendapat tempat disisinya di alam baka,” pungkas Pratikno.

Dalam prosesi pemakaman ini, sejumlah pejabat publik juga terpantau hadir di TMP Kalibata, seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto dan Anggota DPR RI Effendi Simbolon.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menkominfo Johnny G Plate. (jpg/fajar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: