Menpan-RB Tjahjo Kumolo Bakal Dimakamkan di TMP Kalibata

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Bakal Dimakamkan di TMP Kalibata

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jumat (01/07) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meninggal dunia

Kabar duka meninggalnya Menteri Tjahjo itu juga sudah dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” kata Rini, dikutip Disway.id dari laman resmi menpan.go.id pada Jumat 1 Juli 2022.

Sebelumnya Menteri Tjahjo sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut dimulai sejak pertengahan Juni 2022.

Putri pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari mengatakan bahwa jenazah ayahnya akan disemayamkan di Rumah dinas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Komplek Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta.

Sementara itu jenazahnya Menteri Tjahjo akan dikebumikan tepatnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Belum diketahui hari dan waktu dari prosesi pemakaman tersebut, saat ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut. "Disemayamkan dulu di rumah dinas untuk dimandikan kemudian akan disalatkan ke masjid kantor Menpan RB. Setelah itu mungkin abis ashar atau setelah disalatkan akan disemayamkan di Kalibata," ucap Ajeng, saat di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat 1 Juli 2022.

Ajeng juga menyebut bahwa sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa pejabat negara sempat membesuk ayahnya.

"Ada banyak, Pak Jokowi udah sempat datang, Prabowo sudah sempat datang. Kerabat menteri bapak yang deket sama bapak. Terakhir semalam kapolri," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo sempat disampaikan politikus PDIP, Junimart Girsang.

Tjahjo Kumolo kabarnya meninggal di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Sebagai informasi, Tjahjo adalah kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo  masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Sebelumnya, Tjahjo Kumulo yang merupakan pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. (disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: