Ini Tahapan Seleksi PPPK 2022, Jumlah Formasi Guru dan Nominal Gaji

Ini Tahapan Seleksi PPPK 2022, Jumlah Formasi Guru dan Nominal Gaji

Ilustrasi seleksi PPPK. Foto: Ricardo/JPNN.com--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tahapan seleksi PPPK 2022 telah dimulai. Bahkan pemerintah telah menetapkan formasi PPPK 2022 sebanyak sebanyak 970.410 orang.

Tahapan seleksi PPPK 2022 dimulai dari analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Selanjutnya, pemerintah daerah mengusulkan kebutuhan PPPK 2022 kepada pemerintah pusat.

Pemerintah pusat menetapkan formasi PPPK 2022, kemudian melakukan seleksi administrasi.

Pelamar PPPK yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Berdasarkan Pasal 20 Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK, seleksi kompetensi terdiri atas seleksi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural.

Kompetensi manajerial adalah pengetahuan keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangan untuk memimpin dan atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Kompetensi sosial kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, budaya, perilaku, wawasan kebagsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip yang dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memeroleh hasil kerja yang sesuai dengan peran fungsi dan jabatan.

Berdasarkan Pasal 21 Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 disebutkan bahwa peserta seleksi kompetensi yang telah dinyatakan lulus seleksi kompetensi, wajib mengikuti tes wawancara yang diselenggarakan oleh panitia seleksi instansi pengadaan PPPK.

Tes wawancara bertujuan untuk menilai moralitas dan integritas peserta seleksi kompetensi. Hasil tes wawancara digunakan sebagai bahan penetapan kelulusan hasil seleksi.

Setelah lulus seleksi kompetensi kompetensi dan wawancara, BKN akan menetapkan nomor induk. Selanjutnya, PPPK diangkat dan ditempat di instansi sesuai dengan bidang teknis jabatan.

Jumlah Formasi PPPK Guru 2022

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan jumlah formasi PPPK guru 2022 sebanyak 970.410.

Sumber: