Capres PDIP Pilih Ganjar atau Puan? Sekjen PDIP: Nama-nama Ada di ibu Megawati Soekarnoputri

Capres PDIP Pilih Ganjar atau Puan? Sekjen PDIP: Nama-nama Ada di ibu Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Net--disway.id

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan partainya akan menyerahkan sepenuhnya penentuan siapa calon presiden (capres) di Pilpres 2024 dari PDIP kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Nama-namanya ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkannya," kata Hasto, Senin (20/6).

Hasto mengungkapkan untuk mengusung capres, PDIP tidak bisa menentukan sendirian meskipun secara realitas politik itu bisa dilakukan partainya. Tetapi harus berkomunikasi dengan partai-partai politik lainnya.

"Kami terus membangun komunikasi dengan para ketua umum partai sehingga kesamaan terhadap platform dan kerja sama dalam rangka Pilpres 2024 itu ujung-ujungnya kan pada penetapan calon. Itulah nanti kita lihat momentum yang tepat," kata Hasto.

Megawati, tambah dia, akan mencari momentum yang tepat untuk mengusung capres dan cawapres, termasuk rencana berkoalisi dengan partai lain. "Kerja sama adalah suatu keniscayaan bagi PDIP yang mengusung semangat gotong royong."

Saat ini, prioritas PDIP adalah bekerja ke bawah dan membantu Pemerintahan Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sehingga dapat mencetak legasi yang sebaik-baiknya bagi masa depan.

"Sekarang kita sudah bekerja sama, hanya skala prioritasnya saat ini adalah membantu rakyat dan turun ke bawah agar saat Pemilu 2024 rakyat betul-betul dalam suasana keberhasilan pemerintahan Pak Jokowi, dalam suasana kehidupan yang lebih baik," kata Hasto.

Sebelumnya, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa akhirnya menjadi pilihan Partai NasDem untuk menjadi bakal calon residen (Capres) di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem mengumumkan, jika tiga nama, yakni Anies, Ganjar dan Andika merupakan rekomendasi yang dihasilkan dari Rakernas tersebut.

"Saya akan membuka hasil rekomendasi Rakernas yang ditujukan kepada saya, memutuskan dan menetapkan rekomendasi bakal calon presiden yang akan diusung partai Nasdem pada tahun 2024," kata Surya, 17 Juni 2022

Ia menyebutkan nama bakal calon presiden, pertama Anies Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, dan ketiga Ganjar Pranowo.

"Saya ingatkan, tidak ada yang kurang dari tiga nama ini nilainya sama, kualifikasinya sama. Hanya urutan saja yang berbeda, 1, 2, dan 3," kata Surya Paloh di hadapan belasan ribu kader NasDem.

Menurut dia, dari tiga nama itu hanya satu akan ditetapkan sebagai bakal capres dari NasDem. "Seandainya ada tiga capres, ketum tidak memikirkan lagi," katanya.

Surya Paloh pun akan segera menetapkan satu bakal capres yang diusung oleh NasDem.

Sumber: