Jadi Mendag, Zulhas Prioritas Penanganan Ketersediaan Migor

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-- Presiden Joko Widodo akhirnya resmi merombak dan memperbarui kabinetnya, Rabu 15 Juni 2022, dengan dua nama dan wajah baru.

Salah satunya adalah Kementerian Perdagangan kini akan dipimpin oleh Ketua Umum Partai PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas).

Zulkifli Hasan resmi dilantik di depan sejumlah tokoh penting, mulai dari para ketua umum Partai dan jajaran kabinet Jokowi lainnya.

Usai melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (mendag), Jokowi berharap perannya mampu mendobrak permasalahan dan bekerja secara amanah.

Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dapat bekerja langsung ke lapangan untuk melakukan penanganan sejumlah masalah pokok rakyat Indonesia.

"Karena sekarang urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat memerlukan pengamanan lapangan, memerlukan pekerja-pekerja yang dapat terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan yang berkaitan, yang utamanya berkaitan pokok rakyat," ujar Jokowi di depan wartawan usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

Jokowi menekankan agar Zulfikli Hasan dapat menangani permasalahan pokok rakyat dalam negeri. Dalam hal ini masalah langkanya minyak goreng.

Untuk urusan ekspor, itu nanti akan menjadi urusan Menteri Perdagangan. Tetapi lebih penting lagi adalah urusan pokok dalam negeri itu harus kita jaga," jelas Jokowi.

Zulkifli Hasan: Kalau Lama-lama, kan Kasihan Rakyatnya

Ini adalah target penanganan yang akan diupayakan oleh Zulkifli Hasan, setelah menggantikan peran Muhammad Lutfi yang sebelumnya cukup menuai polemik.

 
 

Ia berjanji akan berupaya melakukan penanganan stok ketersedian minyak goreng (Migor), baik curah maupun kemasan.

Namun, seiring wacana pemerintah yang akan mengubah minyak goreng curah menjadi minyak kemasan sederhana akan segera dipasarkan.

Saat ini, minyak goreng curah di pasaran masih cukup tinggi mencapai Rp 18.000, seperti di Pasar Tomang, Jakarta Barat.

Tetapi Zulkifli Hasan dengan lugas menyampaikan, akan menyelesaikan masalah ini demi ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau.

"Saya Insya Allah, bersama dengan teman-teman ya, bisa cepat menyelesaikan, terutama minyak goreng ketersediaannya ada, harga terjangkau. Kalau berlama-lama, kan, kasihan rakyatnya," jelas Zulkifli Hasan di depan wartawan. (disway)

 

 

Sumber: