Malaysia Stop Ekspor Ayam ke Singapura, Indonesia Mau Masuk? Eh Ternyata Ayam Kita Termahal Dunia

Malaysia Stop Ekspor Ayam ke Singapura, Indonesia Mau Masuk? Eh Ternyata Ayam Kita Termahal Dunia

Singapura berada dalam kondisi krisis ayam setelah malaysia menghentikan ekspor ayam akibat krisis pasokan dalam negeri--

SINGAPURA, JAMBIEKSPRES.CO,ID- Malaysia mulai 1 Juni 2022 membuat keputusan yang sangat memberatkan Singapura, yaitu menghentikan ekspor ayam ke Singapura. Alasannya karena pasokan di dalam negeri menipis, sehingga harga ayam di Malaysia naik dua kali lipat dari harga batas tertinggi RM 8,90 per kg.

Akibat kebijakan ini, Singapura terancam krisis daging ayam. Mengingat selama ini pasokan ayam di Singapura dipenuhi oleh Malaysia  34% , 49% dari Brasil, dan 12% dari Amerika Serikat.

Apakah ini peluang bagi Indonesia? Ternyata ayam di Indonesia harganya termahal di dunia, demikian dikatakan  Anggota Dewan Penasehat Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR) Ade M Zulkarnain, dikutip Jambi Ekspres dari CNBC Indonesia.

Kata Ade,  penyebab mahalnya ayam dalam negeri karena biaya pakan yang tinggi. Apalagi Pemerintah sudah menutup impor jagung sejak akhir tahun lalu.

Belum lagi harga jagung dan gandum internasional juga naik, menyusul krisis perang di Ukraina. Penyebab lain karena India sebagai negara produsen membatasi ekspor gandum (dpc)

 

 

 



 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: