JCH Jambi Diminta Jaga Kesehatan, Mulai Berangkat 25 Juni

   JCH Jambi Diminta Jaga Kesehatan,  Mulai Berangkat 25 Juni

Dok/Jambi Ekspres DISUNTIK : Pemberian vaksinasi meningitis kepada Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Jambi beberapa waktu lalu. DOK JE--

JAMBI -Tidak lama lagi proses keberangkatan jemaaah haji Provinsi Jambi yang tergabung dalam embarkasi Batam sesuai jadwal akan mulai dilakukan pada tanggal 25 Juni ini. Untuk itu sejumlah hal telah dipersiapkan salah satunya pelaksanaan manasik haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia meminta kepada seluruh jamaah untuk mempersiapkan diri dengan baik dengan selalu memegang prinsip sabar dan menjaga kesehatan.

“Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah mempersiapkan seluruh layanan bagi jamaah haji dengan sebaik-baiknya mulai dari layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi di tanah air dan selama berada di arab saudi hingga kepulangan ke tanah air,” jelas Zoztafia.

Ia juga mendoakan agar seluruh jamaah haji memperoleh haji mabrur sehingga dapat membentuk karakter individu yang saleh secara pribadi maupun secara sosial.

Sub Koordinator Bina Haji Reguler Kanwil, H. Muhammad Bafadhal menambahkan, pelaksanaan bimbingan manasik haji pada tahun ini dilaksanakan sebanyak empat kali di tingkat kecamatan dan dua kali di tingkat Kabupaten/ Kota sebagaimana diatur dalam Keputusan Dirjen PHU no 146/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembimbingan Jamaah Haji Reguler Tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan dengan dipandu oleh narasumber yang telah mengikuti sertifikasi pembimbing manasik.

“Direncanakan pelaksanaan bimbingan manasik tahun ini dilakukan pada minggu terakhir bulan Mei dan terakhir pada minggu pertama bulan Juni. Dengan demikian jamaah dapat fokus pada persiapan keberangkatan lainnya,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan manasik ini diikuti seluruh jamaaah haji asal Kota Jambi yang berlangsung selama dua hari. Sementara pelaksanaan manasik pada tingkat Kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei hingga 2 Juni di masing-masing Kecamatan.

Sebelumnya pihak Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi merilis data keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) pada tahun 2022 per Kabupaten/Kota.

Terdapat 1.321 calon jamaah haji reguler yang mendaftar pada tahun 2010 dan 2011 yang berhak berangkat. Yang nantinya akan dilengkapi 6 petugas haji daerah yang akan diseleksi serta 1 orang pembimbing haji KBHU, sehingga mencukupi 1.328 total kuota haji Provinsi Jambi. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: