Begini Cara Masuk ke Malaysia dari Jambi Pasca Aturan Bebas Tes Antigen dan PCR

Begini Cara Masuk ke Malaysia dari Jambi Pasca Aturan Bebas Tes Antigen dan PCR

Malaysia kembali menerima tamu asing dengan melonggarkan aturan tanpa tes PCR dan tanpa karantina. Terlihat jurnalis Jambi Ekspres Dona Piscesika di kawasan Putra Jaya saat kunjungannya di Malaysia kemarin (23/5) --

MALAYSIA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Ini pertama kalinya tim Jambi Ekspres melakukan perjalanan ke luar negeri sejak pandemi Maret tahun 2020 lalu. Salah satu negara tujuannya adalah Malaysia, negara terdekat dari Pulau Sumatera. Bagaimana cara ke Malaysia di era Covid-19 ini? 

Pertama download lah aplikasi My Sejahtera. Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Peduli Lindungi yang dibuat pemerintah Indonesia. Setelah berhasil download, pilih aplikasi Traveller, kita harus mengisi biodata dan upload kartu vaksin 1,2 dan booster yang bisa di download terlebih dahulu di aplikasi Peduli Lindungi. 


yamaha--

Hati-hati, apabila hanya melakukan vaksin 1,2 besar kemungkinan status Traveller Card di aplikasi My Sejahtera warnanya akan merah, dan ini cukup rumit karena di pintu kedatangan petugas akan melakukan cek ulang dan cukup menganggu & makan waktu perjalanan. Bukan tak mungkin kita akan diminta antigen ulang dan membayar RM 40 atau sekitar Rp. 150.000. Jika positif? Anda tau sendiri, kita akan diminta PCR dan karantina dengan biaya yang pastinya tidak murah di negeri Malaysia. 

Sebaliknya apabila vaksin yang kita lakukan lengkap hingga booster maka status Traveller Card akan berwarna Biru, aman dan tidak akan diperiksa ulang petugas. Hati-hati, jangan pernah memalsukan kartu vaksin karena jika ketahuan ini akan sangat berbahaya dan hukumannya cukup berat, bisa-bisa dipenjara. 

Jika telah melakukan vaksin booster, masuk ke Malaysia kini cukup mudah, karena tidak ada syarat PCR lagi. Tinggal bagaimana kita meyakinkan petugas imigrasi tujuan kunjungan kita apakah untuk holiday, bekerja atau kepentingan lainnya. 

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah tiket pesawat atau kapal, karena data ini juga dibutuhkan saat mengisi aplikasi My Sejahtera. Juga wajib menyertakan nama maskapai/kapal dan data jadwal keberangkatan dan kedatangan. Sebaiknya My Sejahtera di download beberapa hari sebelum keberangkatan, atau minimal setelah tiket kapal/pesawat sudah di tangan. 

Pastikan juga passport masih aktif dan tidak habis masa berlakunya tiga bulan ke depan. Apabila passport masa berlakunya akan habis biasanya akan ditolak imigrasi atau tetap bisa lolos masuk, apabila beruntung menemukan petugas yang baik atau petugas yang kilaf. 

Jika anda dari Provinsi Jambi, keberangkatan ke Malaysia bisa melalui Kapal dari pelabuhan di Batam dan Dumai atau via bandara internasional yang ada di Indonesia dengan naik pesawat. 

Hal penting lain yang perlu disiapkan adalah stok masker yang cukup karena Malaysia masih mewajibkan menggunakan masker di tempat umum. Penting juga kondisi kesehatan yang baik, uang yang cukup dan tempat penginapan yang jelas. Jika semua sudah oke tinggal menikmati perjalanan dengan nyaman. Selamat merasakan kembali perjalanan ke luar negeri tanpa aturan PCR. (dpc) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: