Rakernas Projo, Pidato Jokowi Disebut Pengamat Simbol Kuat Dukungan untuk Ganjar

Rakernas Projo, Pidato Jokowi Disebut Pengamat Simbol Kuat Dukungan untuk Ganjar

Presiden Jokowi --

JAKARTA, JMABIEKSPRES.CO.ID - Kendati masih dua tahun lagi, tampaknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menentukan pilihannya untuk memberikan dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan itu tersirat saat Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Magelang, Jawa Tengah.

Dalam amanatnya pada Rakernas V Projo yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo itu, Jokowi berpesan untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Hanya saja, dia mengisyaratkan dukungan kepada seseorang yang disebutnya hadir dalam acara itu.

"Yang berkaitan dengan politik, urusan politik itu jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini. Sudah dibilang, jangan tergesa-gesa. Ini mau tergesa-gesa ini kelihatannya," kata Jokowi.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, sinyal dukungan Jokowi ini menjadi angin segar bagi Ganjar yang memang berada di acara itu.

"Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke arah Pak Ganjar," ujar Yunarto Wijaya kepada wartawan, Sabtu (21/5).

Menurut Yunarto, Jokowi saat ini memang harus mencermati siapa figur yang akan dia dukung. Terutama, tokoh yang memiliki keuntungan secara pemilih dan kekuatan partai.

Selain itu, lanjutnya, Jokowi harus tepat dan cepat memgumumkan figur yang didukungnya. Tugas selanjutnya, Jokowi harus meyakinkan partai koalisnya agar calon yang diusungnya juga mendapat dukungan

“Kemungkinan besar kalau seperti itu, siapapun yang didukung oleh Jokowi punya kemungkinan besar juga untuk menang,” tegasnya.

Soal pesan Jokowi untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Dalam pandangan Yunarto, hal itu bisa bermakna Jokowi ingin stabilitas politiknya tidak terganggu.

"Diartikan dua hal, presiden tidak ingin stabilitas politiknya terganggu. Kedua, kalau jagoan kita (Projo) akan maju, ikuti cara saya dan jangan tergesa-gesa," pungkasnya. (rmol/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: