Kanada Larang 5G Huawei Masuk ke Negaranya Alasan Spionase

Kanada Larang 5G Huawei Masuk ke Negaranya Alasan Spionase

Setelah Amerika kini giliran Kanada yang melarang akses perusahaan China ini eksis di negara mereka alasan kemanan-huawei.com-

 

KANADA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Menteri Perindustrian Kanada Francois-Philippe Champagne membuat pengumuman Kamis(19/5) terkait niat melarang masuknya produk dan layanan Huawei dan ZTE dalam sistem telekomunikasi Kanada.

 

Langkah Kanada ini mengikuti Amerika dan sekutu penting lainnya, dan muncul di tengah pertikaian diplomatik antara Kanada dan China atas penahanan seorang eksekutif senior Huawei atas surat perintah Amerika, yang kini telah diselesaikan.

"China dengan tegas menentang pemblokiran ini," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin kepada wartawan. Ia menambahkan Beijing akan "mengambil semua tindakan yang perlu" untuk melindungi perusahaan-perusahaan China.

Huawei dan Beijing telah menolak tuduhan itu. China memperingatkan dampak bagi negara-negara yang memberlakukan pembatasan pada penyedia peralatan telekomunikasi. Wang Jumat menuduh pemerintah Kanada "sangat merusak hak dan kepentingan sah perusahaan China.

 

Amerika telah memperingatkan implikasi keamanan kalau perusahaan teknologi China diberi akses ke infrastruktur telekomunikasi yang bisa digunakan untuk spionase negara. (voa)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: