Bailout Century Tanpa Koordinasi KPK

Bailout Century Tanpa Koordinasi KPK

  Dengan maksud meminta informasi, Antasari kemudian mencoba meminta informasi langsung kepada Boediono. Namun, saat berada di BI, Antasari yang diterima mantan Deputi Gubernur BI Siti Fadjrijah menyatakan bahwa Gubernur BI tengah berada di luar negeri.

  \"Saya kemudian meminta nanti di kesempatan pertama bisa bertemu beliau,\" ujar Antasari. Namun, pertemuan itu akhirnya tidak pernah terjadi, karena pada bulan Mei Antasari kemudian sudah menjadi tahanan Polda Metro Jaya atas dugaan pembunuhan.

  Antasari menyebut, amanat untuk melakukan koordinasi dan konsultasi merupakan pesan yang disampaikan Presiden dalam pertemuan Oktober 2008. Dirinya saat itu belum memiliki prasangka apapun, hanya ingin meminta informasi. Antasari juga mengaku tidak tahu menahu terkait adanya Perppu nomor 4 tahun 2008 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan. \"Perppu tersebut saya tidak tahu,\" ujarnya.

  Ketua timwas Century Pramono Anung menyatakan, keterangan Antasari nantinya akan menjadi bahan bagi timwas untuk melakukan klarifikasi dengan penegak hukum. Sejatinya, timwas juga dijadwalkan untuk memanggil mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait hal yang sama. Namun, JK saat ini masih berada di Beijing.

  \"Kami akan memanggil kembali pak JK pada pekan depan, bergantian dengan KPK,\" ujarnya. Timwas kemarin juga bersepakat untuk meminta rekaman pertemuan pada 9 Oktober 2008 untuk diperdengarkan sebagai pembanding.

  Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan apabila Timwas memberikan keterangan Antasari kepada KPK, pihaknya akan menggunakannya untuk membantu mengurai kasus tersebut. \"Tentunya oleh KPK akan jadi bahan,\" kata Johan di kantornya kemarin. Meski demikian, hingga kini, kata Johan, KPK belum mengagendakan untuk memanggil Antasari untuk dimintai keterangan seputar kasus itu.

  Johan menambahkan, perkembangan penyelidikan kasus Bank Century kini sudah memasuki tahap permintaan pendapat dari para pakar. \"Ada pakar dari sisi audit, hukum, dan lainnya. Ini sedang dalam proses permintaan keterangan untuk menelisik lebih jauh,\" ujarnya.

  Dia menambahkan, KPK memungkinan akan dipanggil Timwas. Menurut Johan, KPK siap menerima masukan dari Timwas.

Keterangan Antasari Klop dengan SBY

  Keterangan Antasari Azhar di depan timwas Bank Century cukup melegakan istana. Sebab, selama ini sempat beredar tudingan bahwa Presiden SBY memimpin langsung rapat pada 9 Oktober 2008 yang membahas pengucuran bailout Bank Century Rp 6,7 triliun.

\"\"Apa yang disampaikan Pak Antasari sudah sangat jelas membantah apa yang dispekulasikan,\" ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha saat dihubungi, kemarin (12/9). Keterangan Antasari itu juga dinilai klop dengan penjelasan SBY pada 15 Agustus 2012 lalu.

\"Dalam penjelasannya saat itu, SBY membantah jika pertemuan 9 Oktober 2008 yang diikuti penegak hukum itu membahas soal bailout Bank Century. \"Saya katakan malam ini di hadapan Allah bahwa sama sekali tidak ada. Tidak ada yang menyinggung nama Bank Century, apalagi membahas yang dinamakan bailout Bank Century,\" tegas SBY (Jawa Pos, 16/8).

\"Julian menjelaskan, pertemuan 9 Oktober 2008 tersebut harus dilihat sebagai rangkaian dengan rapat-rapat lain, yakni tanggal 6 dan 15 Oktober 2008. Rapat 6 Oktober 2008 diikuti pelaku ekonomi dan Kadin, sementara 15 Oktober 2008 rapat paripurna yang diikuti para kepala daerah. \"Intinya bagaimana kita bisa terhindar dari krisis seperti tahun 97-98,\" terangnya.

\"Keterangan Antasari tersebut, lanjut dia, seharusnya bisa membuat permasalah menjadi clear bahwa presiden tidak memimpin rapat pengucuran bailout Bank Century. \"Kalau memang terus digulirkan, diangkat, ini sebetulnya apa dan arahnya ke mana\" Atau ada unsur kepentingan politik tertentu?\" kata doktor ilmu politik lulusan Hosei University, Tokyo, itu.

\"Menurut Julian, saat ini masih ada pekerjaan rumah, yakni mengejar aset-aset yang dilarikan ke luar negeri. Sehingga hasilnya bisa dirasakan masyarakat banyak. Jika itu tujuannya, kata dia, pemerintah siap bersinergi dan bersemangat. \"Tapi kalau berputar di sini-sini terus, sementara ini sudah jelas, ada apa ini,\" ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: