Menag Ke Jeddah 17 Oktober

Menag Ke Jeddah 17 Oktober

Jeddah (Sinhat)-- Menteri Agama RI sekaligus Amirulhajj Suryadharma Ali direncanakan akan tiba di Jeddah pada 17 Oktober ini bersama rombongan untuk memimpin prosesi ibadah haji bagi jamaah Indonesia.


Kepala Daker Jeddah Ahmad Abdullah, Sabtu, mengatakan ikut bersama rombongan amirulhajj tersebut Wakil Amirulhajj (naib) KH Hasyim Muzadi dan H.A. Dahlan Rais, Sekretaris Syaerozi (Kakanwil Jabar), dan sejumlah anggota lainnya.

Kegiatan Suryadharma selama di tanah suci sangat padat. Setibanya di Jeddah, Menteri langsung memimpin rapat koordinasi dan mendengarkan laporan, lalu ke Madinah (18/10) meninjau Balai Pengobatan Haji Indonesia, dapur katering, fasilitas hotel dan lainnya.

Keesokan harinya (19/10) ke Bir Ali (tempat miqat umrah dan haji dari Madinah) untuk meninjau kesiapan petugas lalu ke Makkah dan malamnya memimpin rapat koordonasi untuk persiapan prosesi ibadah di Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Pada hari Minggu (21/10) meninjau Armina dan pada Senin (22/10) malam mengadakan taaruf (pertemuan untuk saling kenal) dengan seluruh petugas layanan haji Indonesia, juga dari perwakilan dari DPR dan BPK, lalu pada Selasa (23/10) ke Arafah.

Direncanakan Menko Kesra Agung Laksono akan hadir pada taaruf pada Senin malam tersebut.

Abdullah juga menyatakan bahwa Menteri Agama RI juga akan bertemu dengan koleganya Menteri Haji Saudi Arabia tetapi dia belum tahu tanggal pastinya.

Disamping rombongan amirulhajj sejumlah pejabat negara dan tokoh politik akan menunaikan ibadah haji tahun ini diantaranya Wapres Boediono, Ketua MPR Taufik Kiemas dan keluarga, Menko Kesra Agung Laksono dan Ketua DPR Marzuki Ali.

Sebelumnya, Sekjen Kementerian Agama RI Bahrul Hayat mengatakan Wapres Boediono akan menjadi tamu Kerajaan Saudi Arabia.

Ketika ditanya apakah mantan Wapres Megawati akan masuk dalam rombongan Taufik Kiemas, Bahrul menyatakan belum bisa memastikan karena info yang didapat hanya Taufik Kiemas dan keluarga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: