DPS Diumumkan 26 Desember

DPS Diumumkan 26 Desember

Hari ini KPU Terima DP4

JAMBI-Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilukada Merangin akan diumumkan pada 26 Desember hingga 15 Januari 2013 mendatang.

                Anggota KPUD Merangin, Nanda mengatakan, setelah pihaknya menerima PD4 dan Pemkab, kemudian akan diproses menjadi daftar pemilih (Model A) untuk disampaikan ke PPS melalui PPK.

                “Setelah dilakukan pemutakhiran, 26 Desember mulai diumumkan DPS sampai 15 Januari 2013. Bagi namanya yang belum masuk, akan diperbaiki kembali,” katanya.

                Kemudian disebutkan Nanda, tahapan selanjutnya penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 02 Februari nanti.

                Namun sebelumnya, terlebih dahulu akan dilakukan penyerahan DP4 dari Pemkab ke KPU, akan dilakukan pada hari ini (25/10). “Besok (hari ini, red) Pemkab akan menyerahkan DP4 ke KPU,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Merangin, Johan Effendi kepada harian ini mengatakan, Jumlah Daftar Pemilih Penduduk Potensial (DP4) Merangin mencapai 245.793 jiwa.

“Data yang dipakai hingga 22 Oktober, jumlah 245.793 jiwa. DP4 akan kita serahkan besok dalam bentuk softcopy,” ujarnya.

DP4 tersebut terdiri dari laki-laki 125.852 jiwa dan perempuan 119.941 jiwa. Menurut Johan setelah dilakukan pemutakhiran data ada beberapa nama yang dicoret karena ada yang telah meninggal dunia dan ada personil TNI Polri aktif.

“Setelah dikoreksi, ada beberapa nama yang kita coret, seperti TNI Polri,” katanya.

Untuk para eksodus yang bermukim di Kecamatan Lembah Masurai dan sekitarnya, tidak akan mendapatkan hak suara di pesta limatahunan tersebut. Karena para pendatang yang didominasi oleh penduduk asal Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung ini belum juga menyerahkan Surat Keterangan Pindah (SKP) dari tempat asalnya.

“Yang terdaftar itu ada sekitar empat KK, yang lainnya tidak ada NIK-nya, makanya tidak terdaftar. Otomatis mereka tidak bisa milih,” tandasnya.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: