Pasca Haji Diharapkan Kesalehan Sosial Meningkat

Pasca Haji Diharapkan Kesalehan Sosial Meningkat

 

ARAFAH-Menteri Agama Suryadharma Ali selaku Amirul Hajj berharap jemaah haji Indonesia pasca-haji dapat semakin meningkatkan kesalehan sosial, dan dapat meningkatkan amal nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya.

Pernyataan tersebut ia kemukakan Amirul Haj saat menyampaikan sambutan saat wukuf di Arafah, 9 Dzulhijjah 1433H/25 Okotber 2012 M di tenda misi haji Indonesia, Kamis (25/10).

Kemabruran seorang haji dapat dilihat dari dua dimensi, pertama dimensi hablum minallah dan yang kedua dimensi hablum minannas. Dalam kontek hablum minallah kemabruran seorang haji tercermin dari meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekembalinya dari menjalankan ibadah haji, katanya.

Dalam kontek hablum minannas, lanjut Suryadharma Ali, tercermin dari semakin meningkatnya kesalehan sosial. Para jemaah haji dapat meningkatkan amal nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Dengan demikian para jamaah haji akan menjadi lentera dalam masyarakat,” ia menyatakan.

Selaku amirul hajj, Suryadharma Ali mengaku memimpikan, pabila setiap jemaah haji mampu memberikan keteladanan dan pencerahan bagi 10 orang yang ada di sekitarnya, maka setiap tahun sebanyak 2 juta orang akan tercerahkan. Sehingga apa yang digambarkan dalam Al-qur’an Baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur akan cepat terwujud.

Pada kesempatan itu Menag mengajak hadirin mendoakan saudara-saudaranya, khususnya calon haji yang belum berkesempatan berkumpul bersama-sama di padang Arafah ini. Ada diantara mereka saat ini mungkin sedang menderita sakit, ada pula yang justru lebih awal dipanggil oleh Allah SWT sebelum pelaksanaan wukuf ini.

“Semoga mereka yang pada saat ini sedang menderita sakit secepatnya diberikan kesembuhan, sedangkan yang telah berpulang ke Rahmatullah, semoga diampuni segala dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang mulya di syurga Jannatun Na’im,” ia mengatakan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: