Bank Mandiri Bantu Akses Wirausaha Muda

Bank Mandiri Bantu Akses Wirausaha Muda

SURABAYA-Salah satu kendala wirausaha muda adalah akses pemasaran. PT Bank Mandiri Tbk pun mencoba membantu. Caranya, bank pelat merah itu menghubungkan para pengusaha pemula itu dengan nasabah-nasabah eksisting.

“Bantuan pemasaran adalah salah satu strategi Bank Mandiri untuk mengembangan para entrepreneur muda,\" kata Kepala Kanwil VIII Bank Mandiri Jasmin di sela ajang penjurian Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2012 kemarin.

WMM merupakan salah satu program Bank Mandiri untuk mendorong kemajuan sektor wirausaha. Even ini telah berlangsung sejak 2007 dan menunjukkan peningkatan pendaftaran setiap tahunnya. Misalkan, regional Jatim mengalami kenaikan sekitar 47 persen dari 404 pendaftar pada 2011 menjadi 597 orang tahun ini. WMM kali ini terbagi empat kategori yakni, boga, perdagangan dan jasa, industri, serta industri kreatif.

Jasmin mencontohkan salah satu peserta yang memiliki usaha produk pencegah kebocoran ban. Bank Mandiri dapat memperbesar akses pasar produk itu dengan menghubungkan nasabah-nasabah yang merupakan diler sepeda motor. “Bisa jadi produk itu menjadi hadiah langsung untuk pembelian motor. Selama ini kan helm atau jaket,\" paparnya.

Menurut Jasmin fokus program WMM adalah mengubah pola pikir para mahasiswa untuk mulai berusaha sendiri dan, mengurangi ketergantungan pada lapangan kerja yang telah tersedia. Selain itu, kewirausahaan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi lingkungan sekitar. “Salah satu kriteria nilai adalah sosial. Jadi, dampak usaha itu bagi lingkungan,\" ujarnya.  

Kendala permodalan, Bank Mandiri pun siap membantu. Selain lewat PKBL (program kemitraan dan bina lingungan), BUMN perbankan ini juga getol menyalurkan kredit mikro. Pada akhir Oktober 2012, penyaluran kredit mikro tumbuh lebih dari 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Tahun lalu tercatat Rp 1,058 triliun menjadi Rp 1,98 triliun.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: