DPS Mulai Diumumkan

DPS Mulai Diumumkan

JAMBI - Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilukada Merangin 25 Maret mendatang mulai diumumkan hari ini.

Anggota KPU Merangin, Riskandi kepada harian ini mengatakan, pengumuman DPS ini dilakukan ditiap-tiap desa di Merangin hingga 15 Januari 2013.

“DPS besok (hari ini, red) diumumkan dimasing-masing desa,” ujarnya.

Namun mengenai jumlah DPS, Riskandi mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan dari PPS. “Jumlahnya kita belum tahu, karena besok baru dilakukan pleno ditingkat desa, PPS yang menggelar pleno, setelah itu baru dilaporkan kekita,” sebutnya.

Disinggung apakah ada temuan saat dilakukan pemutakhiran data oleh PPS yang dibantu PPDP, seperti pemilih ganda, sudah meninggal dunia atau lainnya, menurutnya sejauh ini belum ada.

“Temuan belum ada, tapi kalau untuk jumlahnya kemungkinan bisa bertambah. Nanti kalau ada kekurangan atau kesalahan akan dilakukan perbaikan kembali,” tukasnya.

Lantas bagaimana dengan warga eksodus dari Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung yang berada di Kecamatan Lembah Masurai dan sekitarnya?

“Belum ada juga laporan soal warga eksodus ini. Apakah mereka masuk ke dalam DPS atau tidak,” tandasnya.

Sedangkan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), akan dilakukan tanggal 02 Februari 2013.

Sementara itu, Anggota KPU Merangin lainnya, Nanda mengatakan, untuk verifikasi faktual terhadap ijazah empat pasangan kandidat yang telah mendaftar, saat ini tengah berjalan. Verifikasi ini khusus untuk sekolah atau perguruan tinggi di luar Merangin.

“Sekarang verifikasi ijazah sedang berlansung, seperti di Medan, Padang, Lampung, Jakarta, Bandung dan Temanggung,” ujarnya.

Menurut Nanda, sejauh ini belum ada temuan terkait ijazah kandidat yang bermasalah. “Sementara belum ada temuan, verifikasi juga belum selesai,” pungkasnya.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: