Telan Dana Rp 500 M

Telan Dana Rp 500 M

Pelabuhan Ujung Jabung, Gentala Arasy Hampir Rampung

JAMBI- Pembangunan pelabuhan Ujung Jabung diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga Rp 500 Miliar (M). Hal ini disampaikan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), kepada sejumlah wartawan.

“Untuk pelabuhan, persiapan kita melakukan fasibility study, membuat desain dan amdal itu satu kali jalan di APBD perubahan kemarin, sudah dilakukan. Diharapkan 2013 berjalan,” katanya.

Ditanya soal kapan pekerjaan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung ini akan rampung, HBA tak bisa memastikannya.                 “Rencana kita Maret 2013 sudah jalan. Penggantian alokasi tanah untuk pelabuhan 150 hektar sudah dianggarkan. Sekali jalan langsung ekspos. Saya tak bisa memastikan kapan selesai, karena ini proyek cukup besar hampir Rp 500 miliar,” jelasnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, untuk tahap pertama, pembangunan pelabuhan ujung jabung ini akan dianggarkan senilai Rp 90 M. “Tahap pertama ini Rp 90 Miliar bantuan pusat. Nanti perubahan masuk lagi, dan setiap tahun. Bagi saya kapan selesai itu bukan persoalan, yang penting proyek ini jalan karena ini khayalan kita untuk ke depan Jambi harus punya pelabuhan,” tegasnya.

HBA berharap,  apabila pembangunan ini sudah dilakukan, tak akan molor dan memakan waktu lama. “Ini dana pusat, begitu dana ini digulirkan harus nonstop. Kalau stop pekerjaannya, berarti ini terbengkalai pembangunannya,” tandasnya.

Sementara itu, pembangunan ikon Jambi Gentala Arasy yakni jam besar yang menjadi pusat waktu di Seberang Kota Jambi atau di depan Tanggo Rajo, hampir rampung dikerjakan. Untuk pembangunan ini menyedot anggaran sebesar Rp 15 M.

‘’Nanti, setiap waktu adzan, dia akan berbunyi dan seluruh masjid juga nengikutinya. Menara ini akan jadi ikon untuk Jambi,\"  ujar Kadis PU Provinsi Jambi Ivan Wirata belum lama ini.

(wsn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: