Obama Pilih Bibel Milik Martin Luther

Obama Pilih Bibel Milik Martin Luther

 WASHINGTON - Ada yang lain saat pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, 51, kali ini.  Obama pun berencana untuk menggunakan Bibel (alkitab atau Injil) milik King saat dirinya disumpah. Hal itu sebagai bentuk penghormatan dirinya kepada tokoh yang tewas dibunuh pada 4 April 1968 tersebut di Memphis, Negara Bagian Tennessee.

  Ini juga menunjukkan keterkaitan antara presiden kulit hitam (Afro-Amerika) pertama di AS tersebut dengan gerakan hak-hak sipil. Sebagian kalangan lain menilai dua pelantikan itu memang sengaja dikaitkan.

  \"Hampir mirip dengan takdir dan sejarah yang datang bersamaan,\" ucap John Lewis, anggota DPR dari Partai Republik yang pernah bekerja sama dengan King dalam memperjuangkan hak sipil pada 1950-an dan 1960-an. Lewis berencana hadir dalam acara pelantikan. \"Andai saja tak ada Martin Luther King Jr., tidak akan ada Obama sebagai presiden,\" lanjutnya.

  Beberapa acara peringatan King sengaja dirombak sedemikian rupa untuk mengakomodasi pelantikan Obama. Sebagian yang lain berjalan sesuai rencana.  Putri bungsu King, Bernice King, akan menghadiri acara mengenang ayahnya di Gereja Baptist Ebenezer di Kota Atlanta, Negara Bagian Georgia. Di sanalah, King yang dikenal sebagai pendeta itu memberikan khotbah semasa hidup.

 (AP/dwi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: