Panwaslu Tindaklanjuti Dukungan Ganda

Panwaslu Tindaklanjuti Dukungan Ganda

MERANGIN – Panwaslu menindaklanjuti adanya lima parpol yang memberikan dukungan ganda di Pemilukada Merangin.

Lima parpol yakni, PPNUI, PPDI, PPI, PKP dan PIS tercatat mendukung pasangan Handayani – Jailani (Haji) dan juga Al Haris – Khafid Moein (Harkad).

Anggota Panwaslu Kabupaten Merangin, Ihwan Firdaus kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah berangkat ke Jakarta dan mendatangi masing-masing DPP lima partai tersebut untuk mengecek keabsahan dukungannya.

“Tugas kami ialah mengawasi kenerja KPU dalam melaksanakan ahapan, jika ada temuan harus ditindak lanjuti. Kami kemarin ke Jakarta untuk menindak lanjuti lima parpol ganda. Dan semuanya sudah jelas. Tapi kita menunggu hasil dari KPU tanggal 05 Februaru ini, jika berbeda, pasti ada apanya,” katanya.

Disinggung soal siapa yang mendapatkan dukungan yang sah, Panwaslu masih enggan membeberkannya. Karena hal tersebut merupakan wewenang KPU.

“Masalah keabsahan dukungan semuanya sudah jelas. Tapi untuk menyebutnya itu bukan wewenangan kita, itu wewenang KPU,” ujarnya.

Walaupun tidak bisa menyebut secara pasti. Tapi panwaslu mengatakan bahwa dua pasangan bakal calon tersebut dipastikan akan mendapat pengurangan parpol pengusung dikarenakan lima parpol dualisme tidak sepenuhnya mendukung salah satu pangan bakal calon.

“Yang jelas kedua Pasangan Bakal calon akan mendapatkan pengurangan jumlah parpol pengsusung,” tukasnya.

Namun menurutnya, hal ini tidak akan berpengaruh terhadap persyaratan parpol pengusung untuk kedua pasangan bakal calon.

“Yang jelas, keempat pasangan bakal calon memiliki jumlah parpol pengusung yang cukup sebagai syarat untuk bertarung di Pemilukada Merangin 2013 nanti,” tandasnya.

(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: